Inilah 6 Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak

penyebab radang tenggorokan pada anak
Ketika anak mengalami radang tenggorokan, ada beberapa gejala yang mungkin terjadi. Contohnya sakit tenggorokan, sakit kepala, mual dan muntah, pegal-pegal dan lain-lain. Lalu, apa penyebab radang tenggorokan pada anak?

GoDok Penyebab radang tenggorokan pada anakSiapa yang tidak senang melihat anak tumbuh kembang bahagia, tanpa terserang penyakit dan tetap sehat? Namun, siapa sangka, bila penyakit yang umum terjadi seperti radang tenggorokan dapat menyerang kesehatan anak Anda? Tentu dapat menghambat aktivitas sang anak dalam belajar, bermain, dan melakukan hal-hal lainnya, bukan?

Ketika anak mengalami radang tenggorokan, ada beberapa gejala yang mungkin terjadi. Contohnya sakit tenggorokan, sakit kepala, mual dan muntah, pegal-pegal, amandel memerah dan membengkak, susah menelan, muncul bintik merah atau bercak putih pada pangkal tenggorokan dan langit-langit mulut, bau mulut, batuk pilek, bahkan demam.

Sebelum terlambat, yuk, ketahui 6 penyebab radang tenggorokan pada anak berikut ini:

1. Bakteri

Penyebab radang tenggorokan pada anak yang pertama adalah infeksi beberapa jenis bakteri, seperti Streptococcus grup A, Arcanobacterium haemolyticum, Bordetella pertusis, dan Corynebacterium diphteriae.

Lantas, dari manakah infeksi bakteri ini berasal? Biasanya, sumber penyebaran bakteri berasal dari lingkungan di sekitar anak, seperti sekolah, taman bermain, bahkan di lingkungan keluarga.

2. Virus

Selain bakteri, penyebab radang tenggorokan pada anak bisa dipicu oleh infeksi virus, seperti virus Influenza, Mononucleosis, Apthous stomatitis, Croup, dan campak. Perhatikan jika salah satu teman bermain anak terbukti menjadi inang virus tadi; karena kondisi demikian dapat meningkatkan risiko penyebaran virus melalui percikan air liur atau partikel halus di udara. Dampaknya, anak dapat terkena penyakit serupa.

3. Alergi

Penyebab radang tenggorokan pada anak yang selanjutnya adalah alergi. Ya, dari sekian banyak kasus radang tenggorokan anak, ada beberapa diantaranya yang dipicu oleh alergi terhadap debu, benda kotor, atau makanan/minuman tertentu.

4. Pola makan yang tidak sehat

Jarang yang mengetahui bahwa pola makan yang tidak sehat juga dapat menjadi penyebab radang tenggorokan pada anak. Ternyata, asupan makanan yang rendah nutrisi serta gizi dapat membuat daya tahan tubuh anak menurun sehingga membuat ia lebih rentan terinfkesi penyakit, salah satunya radang tenggorokan. Solusinya, segera ubah kebiasaan makan anak dengan memperbanyak asupan makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan protein baik. Bingung dengan pilihan menu apa saja yang baiknya dihidangkan? Jangan gusar! Selain dengan rutin menyajikan buah-buahan yang kaya akan vitamin C -seperti jeruk, jambu, kiwi, dan tomat-, Anda juga bisa menangkal radang tenggorokan pada anak dengan rajin memberikan sajian yang sarat akan vitamin D, semisal ikan tuna, salmon, dan susu.

5. Kurang menjaga kebersihan mulut

Ternyata, penyebab radang tenggorokan pada anak yang lain adalah kurangnya usaha untuk menjaga kebersihan organ mulut. Ya, banyak ahli yang mengemukakan bahwa anak yang jarang menggosok gigi lebih rentan terkena radang tenggorokan dibanding mereka yang rutin menggosok gigi 2 kali sehari.

6. Pola hidup tidak sehat

Penyebab radang tenggorokan pada anak yang terakhir adalah pola hidup yang tidak sehat. Jarang yang mengetahui bahwa kebiasaan anak bermain atau beraktivitas seharian tanpa istirahat ternyata dapat membuat sistem imunnya menurun. Dampaknya, virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan akan lebih mudah masuk dan menginfeksi tubuh.

Itu tadi 6 penyebab radang tenggorokan pada anak yang harus Bunda ketahui. Yuk, lakukan pencegahan dan pengobatan yang tepat, agar sang buah hati tetap aktif dan bisa beraktivitas seperti biasanya. Semangat, Bunda!

Baca juga:

Atasi permasalahan anak Anda dengan gunakan fitru ‘Tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. Download aplikasi Go Dok di sini.