Ini Dia Solusi Alami Hilangkan Kulit Mati!

www.go-dok.com

Tahukah Anda, bahwa setiap 28 hari sekali, kulit manusia akan mengalami ‘peremajaan’? Yang dimaksud dengan istilah ‘peremajaan’ adalah kondisi di mana sel-sel kulit yang sudah tua akan rontok dan digantikan oleh sel kulit baru. Namun, apa yang akan terjadi jika sel kulit mati tidak mengelupas pada waktunya?

Ternyata, menumpuknya sel kulit mati, terutama di area wajah, dapat memicu tersumbatnya pori-pori, warna kulit tidak merata, komedo, jerawat, hingga kulit pecah-pecah. Nah, untuk mencegah hal tersebut, cara paling ampuh yang dapat dilakukan adalah dengan menjalani proses exfoliating. Tenang, Anda tidak perlu pergi ke salon atau spa agar kulit mati dapat terkelupas dari wajah. Mengapa? Karena sekarang Anda dapat mencoba proses exfoliating di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini :

1. Scrub campuran gula dan minyak

Selain karena harganya yang murah,  scrub (lulur) dari  campuran gula dan minyak juga terbukti efektif untuk membuang sel-sel kulit mati, lho! Mudah saja cara penggunaannya. Anda cukup menyampurkan gula merah dengan minyak zaitun.  Setelah diaduk hingga merata, usapkan campuran tadi ke kulit wajah sambil dipijat secara perlahan. Ssst, jangan lupa untuk menyuci wajah dengan air bersih setelahnya, ya!

2. Campuran yoghurt Yunani dan pepaya

Ingin mendapatkan wajah yang bersih dan terhindar dari sel-sel kulit mati? Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba exfoliator alami yang terbuat dari campuran yoghurt Yunani dan pepaya. Untuk penggunaannya, campurkanlah ½ gelas yoghurt Yunani dengan tiga sendok teh buah pepaya yang telah dilembutkan. Setelah itu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-30 menit. Mudah, bukan?

3. Jeruk nipis

Jeruk nipis telah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang dikenal ampuh dalam mengelupas sel-sel kulit mati. Tertarik untuk mencoba? Anda cukup menyediakan air perasan jeruk nipis untuk kemudian diusapkan ke seluruh permukaan wajah sambil dipijat perlahan. Tunggu beberapa saat hingga kering, lalu basuh dengan air hangat.

4. Oatmeal

Bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk membuang sel-sel kulit mati adalah oatmeal. Teksturnya yang terdiri dari butiran gandum serta kandungan zat saponin di dalamnya tidak hanya dapat meremajakan kulit, namun juga terbukti ampuh dalam mengontrol produksi minyak wajah. Untuk cara penggunaannya, Anda dapat membuat masker wajah yang terbuat dari campuran oatmeal dengan yoghurt dan madu. Mau coba?

5. Biji alpukat

Senang mengonsumsi alpukat? Jangan langsung buang bijinya, ya! Karena bagian ini terbukti ampuh dalam membuang sel kulit mati serta mengurangi kelebihan sebum pada wajah. Mudah saja cara penggunaannya. Pertama, bersihkan biji alpukat, lalu blender hingga halus. Setelah itu, tambahkan minyak zaitun dan madu sebelum diaduk hingga merata. Gunakan campuran tadi sebagai masker wajah, setidaknya sekali dalam seminggu. Voila, wajah Anda dijamin terlihat bersih merona!

Itu tadi beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai exfoliator wajah. Meskipun  cara di atas terbukti dapat mempercepat proses regenerasi sel kulit, namun Anda tidak dianjurkan untuk melakukan exfoliating terlalu sering. Baiknya, lakukan proses exfoliating 1 kali dalam seminggu untuk kulit sensitif, dan 2 kali seminggu untuk kulit berminyak.

Jadi, selamat mencoba!

Comments are closed.