Ini Dia Pola Makan yang Baik Saat Mengandung Si Kembar!

GoDok – Bagimana perasaan Anda saat dianugerahi anak dalam hidup? Tentunya bahagia, kan Bunda! Untuk itu, wajib bagi Anda para Bunda untuk mengetahui bagaimana pola makan yang sehat pada saat mengandung, terlebih lagi jika Anda mengandung anak kembar. Alasannya karena energi yang dibutuhkan saat mengandung si kembar lebih besar daripada hanya mengandung anak tunggal saja. Jadi, pola makan Anda harus diatur dengan benar agar nutrisi untuk tubuh dan bayi dalam kandungan  tetap terjaga, Bunda.

Untuk menambah informasi mengenai pola makan yang baik  bagi kesehatan kandungan Anda, terutama saat mengandung si kembar, Yuk intip poin-poinnya berikut ini:

1. Karbohidrat kompleks yang sehat

Karena Anda sedang mengandung si kembar, penting bagi Anda memiliki energi yang cukup, lho! Nah, energi yang cukup itu diperoleh dari mengonsumsi karbohidrat kompleks yang sehat. Apa aja sih itu? Karbohidrat komplek dapat Anda dapatkan dari makanan yang mengandung gandum, seperti roti gandum, sereal gandum, oatmeal atau nasi merah. Nah, dengan mengurangi mengonsumsi nasi putih yang memiliki kandungan gula yang tinggi dan menggantinya dengan jenis karbohidrat kompleks tadi, akan membantu Anda untuk memiliki energi yang kuat.

(Baca: Ragu Mengonsumsi Oatmeal? Kenali Dulu Manfaatnya Bagi Kesehatan!)

2. Perbanyak makanan yang mengandung protein, iron dan magnesium!

Selain butuh karbohidrat yang cukup, Anda juga perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan iron yang tinggi untuk membantu perkembangan, pertumbuhan dan produksi darah yang sehat bagi si kembar. Anda dapat mengonsumsi 50 gram protein dan 30 gram iron perhari dengan memakan daging merah tanpa lemak, kacang-kacangan, ikan, produk kedelai dan lain-lain. Tapi, hindari daging-daging dengan lemak yang jahat, ya! Kemudian, makanlah makanan yang mengandung magnesium seperti almond, yogurt, tofu dan lain-lain, agar mengurangi risiko bayi lahir prematur.

3. Seimbangkan dengan makanan berserat mengandung vitamin, mineral dan kalsium!

Selanjutnya, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C dan D yang sehat, mineral yang cukup serta mengandung kalsium, ya! Anda wajib mengonsumsi banyak sayuran terutama sayuran hijau bayam atau selada dan buah-buahan seperti pisang, stroberi, pepaya yang kaya akan vitamin dan mineral! Kemudian, minumlah susu atau yogurt yang tinggi akan kalsium agar dapat membantu pembentukan tulang bayi yang sehat. Nah, makanan-makanan yang sehat dengan nutrisi yang cukup seperti tadi, baik untuk mencegah konstipasi karena mengandung serat yang mudah untuk dicerna dan dikeluarkan saat BAB.

(Baca: Hanya Mengonsumi Sayur dan Buah, Sehatkah?)

4. Jauhi makanan dengan lemak jahat!

Lemak jahat sangat tidak baik untuk kesehatan Anda dan si kembar dalam kandungan. Maka, hindarilah makanan-makanan yang mengandung lemak jahat dan kurangi konsumsi makanan berkadar gula tinggi, bahan pengawet dan jenis kimia lainnya yang ada dalam makanan. Gantilah lemak jahat itu dengan lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak sayuran.

5. Minumlah air putih yang banyak!

Bunda, Anda sedang hamil si kembar, lho! Jangan lupa bahwa tubuh Anda membutuhkan banyak cairan dan harus tetap terhidrasi. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih! Anda wajib meminum 10 gelas perhari agar dapat membuang racun dari tubuh Anda. Namun, kurangilah konsumsi air putih diatas jam 8 malam agar Anda dapat tidur dengan nyenyak, tanpa harus terbangun untuk buang air kecil.

(Baca: Sudah Cukupkah Konsumsi Air Anda Hari Ini?)

6. Hindari beberapa jenis makanan berbahaya, Bun!

Tidak lengkap bila hanya makanan yang disarankan saja untuk Anda yang sedang mengandung si kembar, bukan? Anda juga perlu mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari. Saat mengandung si kembar, jauhilah makanan-makanan mentah seperti sushi, ikan atau daging mentah atau setengah mateng, telur mentah atau setengah mateng dan kerang mentah. Kemudian, hindari juga teh herbal dan kacang-kacangan bila ada alergi.

Nah, Bunda sekarang sudah tahu kan bagaimana pola makan yang baik saat hamil, terutama saat mengandung si kembar? Jangan lupa di praktikkan dan semoga bermanfaat, ya!

 

Comments are closed.