Ini Dia Obat Mujarab Untuk Sembuhkan Sariawan!

www.go-dok.,com

Sariawan, oh, sariawan.

Gangguan mulut yang satu ini memang sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak, Anda akan merasakan sakit dan nyeri setiap kali melakukan aktivitas yang berhubungan dengan organ mulut, seperti makan, minum, bahkan berbicara. Menyebalkan, bukan?

Perlu Anda ketahui bahwa sariawan sebenarnya  dipicu oleh beberapa hal, seperti berubahnya pola makan, faktor keturunan atau gen, perubahan hormon, kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu asam, stres, kondisi badan yang kekurangan vitamin C, hingga munculnya luka di organ mulut akibat tergigit atau menggosok gigi terlalu keras.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan sariawan? Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, namun proses penyembuhan dapat dipercepat dengan menggunakan beberapa bahan alami berikut ini:

Santan

Meskipun terdengar asing, namun santan dipercaya ampuh dalam mengobati sariawan. Caranya, berkumurlah dengan santan yang didapat dari kelapa segar setidaknya 3-4 kali sehari. Niscaya, dalam hitungan hari, sariawan Anda akan mulai mengering dan mulutpun akan kembali sehat seperti sedia kala.

Daun ketumbar

Tahukah Anda, bahwa daun ketumbar yang seringnya digunakan sebagai penyedap masakan ternyata berkhasiat untuk menyembuhkan sariawan? Mudah saja cara menggunakannya. Cukup rebus daun ketumbar untuk diambil airnya dan gunakan untuk berkumur-kumur sehari-hari. Lakukan secara rutin, ya, untuk mendapatkan hasil yang optimal!

Larutan garam

Nah, ini dia cara paling praktis yang dapat dicoba untuk hilangkan sariawan. Cukup dengan membuat larutan garam yang digunakan untuk berkumur-kumur setiap  bangun tidur, sariawan akan cepat hilang dari mulut Anda. Mudah, bukan?

Larutan baking soda

Jika sariawan masih saja membandel, maka Anda dapat mencoba solusi jitu yang satu ini. Caranya, celupkan cotton bud ke larutan yang terbuat dari  1 sendok teh baking soda dan sedikit air, lalu tempelkan ke bagian yang sakit. Lakukan kegiatan ini secara rutin jika Anda menginginkan hasil yang maksimal.

Tomat

Seperti yang Anda ketahui, tomat merupakan buah yang tinggi akan kandungan vitamin C.  Karenanya, si merah yang satu ini ampuh sekali, lho, dalam menyembuhkan sariawan. Caranya sangat mudah. Anda cukup berkumur dengan jus tomat 3 kali sehari agar kondisi mulut kembali seperti sedia kala. Mau coba?

Itulah beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati sariawan. Meskipun terbukti ampuh, namun tidak ada salahnya Anda mencegah timbulnya sariawan dengan mulai menjaga kesehatan organ  mulut, seperti dengan mengurangi konsumsi makanan yang terlalu asin, terlalu pedas, atau bertekstur kasar. Selain itu, biasakanlah menggosok gigi secara teratur, banyak minum air putih, dan rutin mengonsumsi bahan pangan yang kaya akan  vitamin C, vitamin B, dan zat besi. Karena bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati? Selamat mencoba!

Comments are closed.