Ini Dia Manfaat Bangun Pagi Bagi Tubuh!

GoDok – Anda tentu sering mendengar peribahasa “bangun pagi agar rezeki tidak dipatok ayam”. Tapi, sebenarnya apa sih manfaatnya bangun pagi? Bukankah tidur pulas dengan waktu lama lebih baik?

Ternyata, bangun di pagi hari sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kenapa? Ini dia beberapa alasannya:

1. Udara masih bersih dan segar

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menghirup udara segar, saat di mana udara masih bersih  belum tercemar polusi. Udara pagi sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti menyehatkan paru-paru, meningkatkan sistem imun, membentuk zat antiobodi, serta melancarkan peredaran darah. Ingat, peredaran darah yang lancar dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak sehingga ingatan Anda akan lebih tajam.

2. Sinar matahari pagi kaya manfaat

Vitamin D yang terdapat dalam sinar matahari pagi mengandung kalsitirol yang baik untuk mencegah penyakit kuning, menjaga kesehatan tulang, menyembuhkan penyakit osteomalacia, dan mencegah kanker payudara. Selain itu, vitamin D2 dan D3-nya dapat mempercepat pengelupasan jaringan kulit mati dan mencegah rakhitis pada anak.

3. Hidup lebih bahagia

Bangun di pagi hari mendorong terbentuknya hormon serotonin yang dapat membuat Anda lebih bahagia. Hal inilah yang akan mendongkrak produktivitas kerja Anda.

Tidak ada kata terlambat untuk membiasakan diri untuk bagun di pagi hari. Mulailah dari hal kecil, seperti tidur lebih awal pada malam hari, matikan lampu dan jauhkan berbagai macam gadget untuk mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol karena dapat meningkatkan perasaan gelisah.

Sedikit relaksasi sebelum tidur dapat membantu Anda bangun lebih awal. Carilah kegiatan yang membuat Anda nyaman sebelum tidur seperti meditasi, mandi air hangat, atau membaca buku. Setelah terbiasa bangun di pagi hari, jangan lupa untuk sarapan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Sebagai bekal energi untuk beraktivitas seharian.

Tinggalkan Balasan