Ini Dia Makanan yang Harus Dihindari ibu Hamil

Makanan yang harus dihindari ibu hamil

GoDok- Makanan yang harus dihindari ibu hamil- Bagi Bunda yang tengah mengalami masa-masa kehamilan, tentu menjaga pola makan sehat adalah salah satu hal terpenting. Baiknya, Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat, protein tinggi, dan serat. Hal ini memang penting guna menjaga kesehatan si jabang bayi. Nah, jika Bunda sudah tahu makanan apa saja yang baik dikonsumsi, bagaimana dengan makanan yang pantang untuk dikonsumsi? Sudahkah Bunda mengetahuinya?

Berikut Go Dok paparkan daftar makanan yang yang harus dihindari ibu hamil :

1. Ikan makarel dan hiu

Tentu ikan sebenarnya sangat baik untuk dikonsumsi pada masa kehamilan, karena mengandung protein tinggi. Namun, lain halnya dengan ikan makarel dan hiu. Kedua jenis ikan yang satu ini justru jadi salah satu makanan yang harus di hindari ibu hamil. Mengapa? Karena, mengandung kadar merkuri yang begitu tinggi. Pasalnya, kadar merkuri tinggi dapat menyebabkan kerusakan otak, keracunan, serta kelahiran prematur pada janin.

2. Daging mentah

Sebenarnya tak hanya daging mentah, melainkan semua makanan mentah bisa berbahaya jika dikonsumsi oleh wanita yang tengah hamil. Telur setengah matang, daging yang tidak matang, dan daun atau sayur mentah dikhawatirkan mengandung berbagai jenis bakteri dan kuman yang bisa berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Pada kasus tertentu, hal ini bisa saja memicu terjadinya gangguan pada kehamilan.

3. Sushi

Pada dasarnya, sushi dan sashimi mengandung bahan-bahan yang tidak matang. Tak hanya itu,  sushi juga memiliki salmonella, toxoplasma, dan E. coli yang bisa berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Jadi, puasa dulu makanan sedap yang satu ini ya, Bunda!

4. Hati

Makanan yang harus di hindari ibu hamil yang selanjutnya adalah organ hati binatang, seperti hati sapi, babi, kambing maupun ayam dan jenis unggas lainnya. Pasalnya, organ hati dari hewan-hewan tersebut dapat meningkatkan risiko cacat pada bayi yang tengah dikandung. Hal ini dikarenakan hati memiliki kadar vitamin A yang terlalu tinggi, sehingga ibu hamil lebih disarankan untuk mengonsuimsi sayur serta buah-buahan dalam mendapatkan kadar vitamin A yang sesuai.

5. Durian

Memang, mengonsumsi buah-buahan selama masa kehamilan sangat disarankan. Namun, tidak begitu dengan buah durian. Pasalnya, buah yang satu ini ternyata mengandung alkohol dan asam arachidonat yang dapat memicu berbagai masalah di masa kehmilan, seperti berat badan bayi yang rendah dan keguguran. Bahaya, bukan?

6. Pepaya muda

Sulit dipercaya, namun nyatanya buah pepaya muda yang belum matang memang tidak baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Mengapa? Kandungan lateks yang tinggi pada pepaya muda dipercaya dapat memicu konstraksi pada rahim Anda, yang tidak baik untuk kesehatan Bunda dan si jabang bayi.

7. Keju

Terakhir, makanan yang harus di hindari ibu hamil adalah keju. Tentu bukan sembarang keju yang harus dijauhi, melainkan hanya beberapa jenis tertentu. Jenis-jenis ini cenderung berwarna soft (lembut) dan kebiruan, seperti keju Danis Blue, Camembert, Brie, dan Riquefort. Pasalnya, jenis-jenis keju tersebut mengandung bakteri Listeria yang dapat berbahaya bagi ibu dan janin.

Nah, itu dia 7 makanan yang harus di hindari ibu hamil. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Dapatkan tips-tips kesehatan lainnya dari Tim dokter, langsung dari Smartphone. Yuk, Download aplikasi Go Dok.