Ini Dia Makanan Ramadhan Ala Vegetarian

makanan ramadhan ala vegetarian

Go DokMakanan Ramadhan Ala Vegetarian- Sebagian besar menu vegetarian terdiri atas sayuran hijau yang lebih populer dikonsumsi tanpa melewati proses pemasakan terlebih dahulu. Begitu pula buah-buahan dan kacang-kacangan yang juga merupakan dua di antara menu-menu vegetarian. Apakah Anda seorang vegetarian?

Jika iya, di bulan Ramadhan ini, Anda yang beragama Muslim tentu juga turut menjalani ibadah puasa. Nah, untuk menu berbuka dan sahur, tentu Anda tidak seperti orang lain yang lebih memilih bersahur dengan daging dan berbuka serta makan malam dengan daging pula. Anda sudah memutuskan untuk tidak makan daging, dan harus memegang keputusan tersebut sebagai panduan makanan. Tapi, rasanya justru daging yang dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Eits, siapa bilang?

Berikut makanan ramadhan ala vegetarian yang sehat untuk sahur dan mampu mengembalikan energi Anda ketika berbuka puasa :

1. Sup krim jagung

Makanan Ramadhan ala vegetarian yang pertama adala sup krim jagung. Hmmm… siapa yang tidak suka jagung manis di dalam mangkuk berkuah? Sup krim jagung belakangan tengah populer sebagai makanan ringan yang banyak dijual di pertokoan kota. Jagung cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa karena rasanya yang manis, dan kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Tak hanya itu, jagung juga kaya akan mineral dan baik untuk kesehatan tulang serta jantung. Hebat, bukan?

2. Oatmeal

Kedua Makanan Ramadhan ala vegetarian adalah oatmeal. Siapa yang bisa menyangkal manfaat sehatnya oatmeal? Menu vegetarian yang terbuat dari gandum dan biji-bijian ini dapat mengenyangkan perut Anda meskipun hanya dikonsumsi segelas. Sebab, kandungan karbohidrat serta proteinnya yang tinggi dapat menjadi simpanan energi untuk Anda seharian, selama berpuasa.

3. Kentang rebus dan telur

Ketiga, Makanan Ramadhan ala vegetarian yang dapat Anda coba adalah kentang rebus dan telur. Kentang seringkali menjadi menu vegetarian favorit setiap orang. Sementara telur, memang hanya untuk Anda vegetarian yang memutuskan untuk tetap mengonsumsi protein hewani tanpa harus mengonsumsi daging binatang. Kentang kaya akan vitamin dan mineral, serta serat yang bagus untuk kesehatan pencernaan Anda saat berbuka puasa. Sedangkan telur kaya akan protein, sehingga dapat mengimbangi kandungan dalam kentang. Karenanya, kedua bahan pangan ini cocok untuk selalu disajikan bersama-sama. Tambahkanlah bumbu seperti cabai, garam, dan lain-lain untuk menguatkan rasanya. Sehat dan cocok untuk vegetarian, bukan?

4. Smoothies

Keempat, makanan Ramadhan ala vegetarian adalah smoothies. Minuman yang terbuat dari campuran macam-macam buah dan sayuran ini penuh akan nutrisi, sehingga cocok untuk menjadi pendamping menu sahur vegetarian. Berbeda dengan jus buah, yang kerap membuat perut Anda cepat kenyang dan cepat lapar, smoothies justru mampu menyimpan energi yang diberikannya lebih lama di dalam tubuh Anda dan rasa lapar juga akan lebih tertahan. Tak hanya itu, kandungan serat dalam smoothies juga dapat melancarkan pencernaan Anda.

5. Avocado toast

Kelima, makanan Ramadhan ala vegetarian adalah Avocado toast. Apakah itu? Menu yang satu ini terhitung cukup kreatif, lho. Kamu bisa membuatnya dengan memanggang roti dan mengolesinya dengan buah alpukat yang telah dicacah/ditubuk. Meskipun tidak memerlukan bahan yang banyak, namun menu yang satu ini cukup bisa membuat Anda kenyang, baik saat berbuka maupun sahur.

6. Salad dan kacang-kacangan

Terakhir, makanan Ramadhan ala vegetarian adalah salad dan kacang-kacangan.  Menu paling umum bagi seorang vegetarian adalah salad sayur. Anda cukup mencampurkan semua sayuran kesukaan Anda dalam satu mangkok, lalu tambahkan minyak zaitun atau mayonaise. Rasanya tentu enak, ditambah kandungan seratnya membuat pencernaan Anda lancar. Sementara itu, kacang-kacangan kaya akan seng yang jauh lebih banyak dibutuhkan oleh vegetarian.

Nah, itu dia makanan Ramadhan ala vegetarian untuk sahur dan berbuka bagi vegetarian. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya di sini.