Ini Dia Kriteria Menu Sarapan Sehat

www.go-dok.com

Sarapan sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi untuk beraktivitas seharian. Dengan makan cukup di pagi hari akan membuat Anda tidak akan makan terlalu banyak pada siang harinya, hal ini sangat penting bagi Anda yang ingin menjaga berat badan.

Orang dewasa yang mengonsumsi menu sarapan sehat dapat membantu menekan keinginannya untuk makan makanan berlemak dan berkolesterol tinggi. Berbeda halnya dengan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, sarapan merupakan hal yang sangat penting untuk membantunya tumbuh dan berkembang serta membuatnya lebih fokus pada pelajaran di sekolah. Oleh karena itu, siapapun Anda disarankan untuk tidak melewati sarapan di pagi hari.

Doddy Izwardi, Direktur Bina Gizi Kementrian Kesehatan, menjelaskan bahwa sarapan sehat mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Sarapan sehat juga perlu mengandung sayur dan buah-buahan. Menurutnya, sarapan sehat dapat menunjang aktivitas dan membuat kinerja menjadi lebih baik. Hardiansyah, Ketua Umum Pergizi Pangan, menambahkan, sarapan perlu dibiasakan sejak kecil dan sebaiknya dilakukan sebelum jam 9 pagi.

Yang perlu diingat, kebutuhan kalori saat sarapan berbeda-beda pada tiap orang, tergantung usia dan aktivitasnya. Namun porsi sarapan yang baik harusnya mampu memenuhi sekitar 25 persen dari total asupan kalori per hari, yang sekitar 1500- 2000 kalori untuk wanita dan 2000 – 2500 kalori untuk pria.

Oleh karena itu, menu sarapan perlu disesuaikan dengan kriteria gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sarapan yang sehat juga tidak harus selalu mewah. Anda dapat memodifikasi sarapan di pagi sesuai dengan selera Anda. Hal yang terpenting adalah menu sarapan harus sehat dan mengandung zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur, berikut menu sarapan sehat yang dapat Anda coba:

  • Satu butir telur rebus dan satu buah apel.
  • Telur omelet dicampur sayuran dan roti gandum yang dipanggang.
  • Jus pisang yang dicampur susu rendah lemak dan satu lembar roti gandum.
  • Yogurt rendah lemak dicampur buah-buahan.
  • Sepotong buah segar dicampur yoghurt rendah lemak.