Ini Dia Kalori Dari Menu Sarapan Versi Orang Indonesia!

www.go-dok.com

Indonesia memang terkenal dengan keaneka ragaman makanannya, tidak terkecuali menu sarapan. Dari banyaknya pilihan makanan yang dapat dikonsumsi di pagi hari, kebanyakan dari Anda mungkin akan memilih nasi kuning, ketoprak, nasi uduk, atau bubur ayam sebagai menu santap favorit.

Sarapan sendiri merupakan waktu makan yang paling penting karena energi yang didapatkan oleh tubuh kemudian akan digunakan untuk memulai aktivitas seharian. Namun, pada kenyataannya, banyak di antara kita yang memilih menu santap pagi yang tidak seimbang; karena hanya kaya akan karbohidrat, namun rendah kandungan protein, serat, dan vitamin. Kebiasaan ini tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat memicu obesitas dan gangguan medis yang berkaitan dengan  berat badan lainnya.

Jadi, apa dong langkah yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan tersebut? Mudah saja, cukup kenali menu sarapan Anda dengan baik! Berikut daftar menu santap pagi favorit beserta kalori dan kandungan gizinya yang harus Anda ketahui:

1. Nasi uduk

Orang Indonesia yang tinggal di Jawa sudah pasti tidak asing lagi dengan menu sarapan yang satu ini. Nasi uduk yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah biasanya dilengkapi dengan telur, tempe, semur jengkol, kentang, dan kerupuk. Nikmat bukan? Perkiraan kalori yang terkandung pada nasi uduk untuk satu porsinya (±160 gr) adalah 260 kkal (32,84 gr karbohidrat, 12,5 gr lemak, dan 4,07 gr protein).

2. Nasi kuning

Nasi kuning yang dimasak dengan kunyit, santan, dan rempah-rempah akan disajikan dengan tambahan tempe, ikan teri, atau telur. Perkiraan kalori yang terkandung untuk satu porsinya (105 gr) adalah 110 kkal ( 21,9 gr karbohidrat, 0,18 gr lemak, dan 1,98 gr protein).

3. Bubur ayam

Karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih karena dicampur dengan santan serta beberapa irisan tebal daging ayam, banyak orang yang lebih memilih bubur ayam sebagai menu sarapan. Kalori yang dikandung oleh bubur ayam adalah 372 kkal dengan 36,12 gr karbohidrat, 12,39 gr lemak, dan 27,55 gr protein.

4. Lontong sayur

Menu sarapan yang menambahkan ayam, telur rebus, nangka dalam penyajiannya merupakan menu sarapan yang sangat digandrungi setiap orang, khususnya penduduk pulau Sumatra. Kalori yang terdapat dalam lontong sayur adalah sebesar 357 kkal dengan 59,1 gr karbohidrat, 8,39 gr lemak, dan 11,11 gr protein, untuk satu porsinya sebanyak 400 gr. Hati-hati! Khusus bagi Anda yang sedang menjalani program diet, menderita penyakit jantung, atau mempunyai masalah dengan penyempitan pembuluh darah, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi menu yang satu ini karena tingginya kandungan lemak jenuh dalam satu porsi lontong sayur.

 5. Nasi soto

Hampir setiap kota di Indonesia mempunyai menu sotonya masing-masing. Soto yang biasanya disajikan dengan tambahan ayam, kol, toge, tomat, dan taburan bawang merah mengandung setidaknya 327 kkal. Kok, sedikit sih jumlah kalorinya? Eit, jangan salah! Kalori tadi hanya untuk konsumsi sotonya saja, tidak termasuk nasi putih. Jadi, jika Anda menyenangi menu sarapan yang satu ini, ada baiknya untuk mengurangi pemasukan kalori di waktu makan selanjutnya. Mudah, bukan?

6. Nasi pecel

Makanan yang berasal dari Jawa tengah ini biasanya disantap di pagi hari. Nasi yang dilengkapi dengan sayuran rebus yang disiram dengan bumbu kacang dan dicampur dengan telur, tempe becem, atau mie memang menggugah selera. Dari kandungan gizi, makanan ini mengandung 276 kkal dengan 38,09 gr karbohidrat, 11,2 gr lemak, dan 7,9 gr protein. Ditambahkannya sayuran rebus dan saus kacang menjadikan menu sarapan ini ideal untuk dikonsumsi karena mengandung serat dan protein yang tinggi.

Jadi, mau makan apa esok pagi?

Comments are closed.