Ini Dia Hubungan Travelling dengan Kesehatan Jiwa

GoDok – Jenuh dengan rutinitas sehari-hari, tugas numpuk, banyak pikiran, hingga masalah percintaan yang tak kunjung kelar adalah beberpa hal penyebab stres. Jika sudah begitu, mungkin sekarang saatnya ambil koper, memasukan beberapa baju favorit, perlengkapan pribadi  dan bersiap untuk melakukan travelling atau berwisata. Bagi sebagian orang, travelling merupakan hobi yang wajib dilakukan di saat ada waktu senggang untuk menghilangkan kepenatan sehari-hari. Selain sebagai hobi, travelling ternyata juga terbukti bermanfaat bagi kesehatan jiwa Anda.

Pekerjaan yang menumpuk dan pikiran yang letih dapat menyebabkan Anda terserang berbagai macam penyakit yang mungkin dapat menyebabkan turunnya kinerja Anda. Untuk itu, berwisata sejenak dibutuhkan untuk menjaga agar pikiran Anda tetap fresh, sehingga Anda dapat bekerja kembali dengan baik. Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh Arizona Department of Health and Human Services, berwisata atau travelling dapat meningkatkan kualitas hidup, sehingga kinerja Anda juga semakin meningkat.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa travelling dapat meningkatkan rasa gembira, mengurangi depresi, dan membuat Anda lebih rileks. 3 hari setelah berwisata, Anda akan merasa lebih santai yang membuat suasana hati semakin membaik.

Dengan Travelling Anda akan mendapatkan pengalaman baru karena membawa Anda pada suasana dan lingkungan yang memaksa untuk beradapatasi dan memecahkan masalah yang mungkin dihadapi sehari-hari. Kegiatan ini juga akan mengenalkan Anda dengan budaya, orang-orang, dan pengalaman yang baru. Seru bukan?

Journal of Personality and Social Psychology  juga menyatakan bahwa orang-orang yang senang melakukan travelling cenderung lebih kreatif, terbuka, dan memiliki tingkat emosi yang lebih stabil daripada mereka yang hampir tidak pernah melakukan perjalanan. Jadi, tunggu apa lagi segera atur tanggal dan bersiaplah untuk travelling. Selamat berlibur!

Ingin mengetahui hal-hal yang harus dilakukan sebelum  travelling bersama si kecil?  Silakan klik di sini

Leave a Reply