Ini Dia Cara Mencegah Kantuk Saat Mudik

cara mencegah kantuk saat mudik

Go Dok – Cara Mencegah Kantuk Saat MudikMenyetir terkadang memang menyenangkan, tetapi juga membahayakan jika Anda menyetir dalam keadaan lelah, khususnya mengantuk. Rasa kantuk tidaklah bisa ditahan apalagi anda harus melewati macet dan jarak yang cukup jauh.

Oleh karenanya, banyak kecelakaan yang terjadi yang disebabkan oleh rasa kantuk ketika mengemudi. Kebanyakan pengemudi menyetir begitu saja meskipun sudah merasa ngantuk padahal hal tersebut mampu membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, lebih baik Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi kantuk saat mudik dan bagiamana cara mencegahnya.

Cara Mencegah Kantuk Saat Mudik

Bagaimana kondisi yang aman untuk mengemudi?

Cara mencegah kantuk saat mudik sebaiknya ketika mengantuk, janganlah paksakan untuk menyetir, khususnya jika Anda sudah merasakan hal-hal berikut ini dalam perjalanan :

  • Bola mata berwarna merah
  • Kelopak mata terasa berat dan sering berkedip
  • Tidak fokus dan sering melamun
  • Mengucek mata berkali-kali
  • Menguap berkali-kali
  • Sering mengarah ke satu sisi di jalan yang lurus
  • Merasa gelisah dan mudah tersinggung
  • Beberapa kali lupa untuk berbelok di tikungan

Ciri-ciri tersebut harus pula diketahui oleh Anda yang tidak bisa menyetir, atau hanya selalu berperan sebagai penumpang dalam perjalanan jauh. Sebab, dengan datangnya musim mudik, akan banyak sekali keluarga yang pulang kampung dengan menggunakan kendaraan bermotor. Perhatikanlah apakah kerabat atau teman  yang menyetir mobil mengalami keadaan-keadaan di atas, dan ingatkan selalu agar mereka beristirahat. Tak hanya itu, jika menumpang bis, ingatkan pula sopir bis untuk beristirahat.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menghindarinya?

Cara mencegah kantuk saat mudik, apabila Anda mengantuk di perjalanan  hal terbaik adalah menghentikan perjalanan sejenak untuk memulihkan diri. Namun, sebelum itu terjadi, ada baiknya Anda melakukan beberapa hal untuk mencegah kantuk saat mudik. Bagaimana cara mencegah kantuk saat mudik? Yuk, simak langkah-langkah berikut ini :

  1. Tidurlah terlebih dulu selama 10 – 45 menit karena ini penting sebagai cara mencegah kantuk saat mudik apalagi bila Anda berencana melakukan perjalanan jauh.
  2. Beristirahatlah sebanyak 2 jam sekali jika waktu perjalanan Anda lebih dari 2 jam, di rest area, pom bensin, restoran, masjid, atautempat istirahat lainnya.
  3. Hindari mendengarkan musik yang bernada monoton ketika mengemudi, khususnya yang dapat membuat Anda semakin mengantuk.
  4. Sediakanlah air mineral untuk melepaskan rasa dahaga yang bisa datang sewaktu-waktu ketika mengemudi. Basuh pula wajah Anda ketika kantuk mulai mendera. Dengan cara ini, Anda tidak perlu repot untuk mencari toilet dan berhenti di tengah perjalanan.
  5. Perhatikanlah makanan dan minuman yang Anda Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat ketika hendak menyetir. Pasalnya lemak dan karbohidrat memicu datangnya kantuk. Anda dapat mengonsumsi buah, biskuit, snack. Selain itu, hindari mengonsumsi alkohol, kafein, dan stimulan lainnya. Pasalnya minuman tersebut dapat mengganggu konsentrasi Anda ketika mengemudi. Yang paling baik adalah mengonsumsi air mineral.
  6. Bukalah kaca jendela jika Anda mulai mengentuk dan matikanlah AC mobil.Sirkulasi udara yang tidak baik di dalam mobil juga bisa membuat anda menjadi mengantuk. Hiruplah udara luar akan membuat Anda semakin segar.
  7. Melakukan olahraga ringan, seperti menggerak-gerakkan kepala ke kiri dan kanan, kepala ke arah telinga dan dan menahannya selama 8 detik. Setelah itu, ulangi dengan arah yang berbeda. Memutar bahu ke depan dan ke belakang selama 8 detik. Gerakan-gerakan tersebut mampu melancarkan peradaran darah.

Nah, itu dia cara mencegah kantuk saat mudik. Jadi, beristirahatlah jika anda memang merasa sudah mengantuk. Jangan dipaksakan karena hanya akan membahayakan diri Anda dan orang lain. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.