Ini Dia Cara Alami Bersihkan Jari Kuku!

cara alami bersihkan jari kuku
Selain membersihkan tangan, penting juga bagi kita untuk membersihkan jari kuku yang biasanya menjadi sarang kuman. Nah, daripada bertanya-tanya yang gak ada ujungnya,  lebih baik simak cara alami  bersihkan jari kuku berikut ini:

GoDok Cara Alami Bersihkan Jari Kuku – Kuku Anda kotor dan tak terurus? Hati-hati, jadi sarang kuman! Menjaga kebersihan jari kuku memang hal yang sangat penting. Mengapa? Karena, kebanyakan dari orang Indonesia menyantap makanan langsung dengan menggunakan tangannya tanpa perantara sendok atau garpu, apalagi ketika mencicipi atau mengambil makanan yang ringan seperti kue dan lain lain.

Nah, sebenarnya hal itu tidak jadi masalah, asalkan tangan dan jari kuku Anda sudah bersih dari kotoran-kotoran yang ada. Sudah tahu bukan, bahwa jika tangan Anda kotor, itu akan berpengaruh terhadap makanan yang Anda makan dan tentunya berpengaruh pada kesehatan Anda? Jadi, selain membersihkan tangan, penting juga bagi kita untuk membersihkan jari kuku yang biasanya menjadi sarang kuman. Nah, daripada bertanya-tanya yang gak ada ujungnya,  lebih baik simak cara alami  bersihkan jari kuku berikut ini:

Cara Alami Bersihkan Jari Kuku

1. Bersihkan kotoran yang tersimpan di bawah kuku

Cara alami bersihkan jari kuku pertama yang wajib Anda lakukan, jangan lupa bersihkan kotoran yang tersimpan di bawah kuku Anda yang biasanya sudah terlihat bentuk dan warnanya, ya! Anda dapat gunakan ujung pinset, ujung gunting atau benda yang ujungnya tajam namun tidak membahayakan. Bersihkan, dan tariklah sampai keluar kotoran-kotoran pada kuku hingga bersih! Lakukan hal itu secara rutin, terutama jika terlihat oleh Anda terdapat kotoran di bawah kuku Anda! Kemudian, bersihkan juga sebelum dan sesudah makan bila Anda langsung menggunakan tangan untuk makan, ya!

2. Cucilah tangan menggunakan sabun

Dari kecil kita sudah diajarkan bagaimana pentingnya mencuci tangan sebelum maupun sesudah makan. Namun, sudah benarkah cara mencuci tangan yang dilakukan selama ini? Biasanya Anda hanya akan membasuh tangan dengan air untuk membersihan tangan Anda ketika menyantap makanan. Hati-hati! Membersihkan tangan hanya dengan air tidak membasmi kuman-kuman pada jari kuku, lho! Jadi, cucilah tangan Anda dengan sabun dan gosok tangan Anda secara merata sampai sela yang ada di bawah kuku benar-benar bersih,  penting juga bagi Anda untuk mencuci tangan, terutama ketika Anda telah membersihkan kuku dengan ujung pinset seperti hal di atas!

(Baca: Mencuci Tangan yang Benar; Ini Dia Langkahnya!)

3. Gosoklah kuku dengan menggunakan sikat gigi!

Nah, setelah mencuci tangan dengan sabun, akan lebih bersih lagi jika Anda menggunakan sikat gigi atau sikat kecil yang tidak menyakitkan, kemudian menggosokkannya pada kuku Anda secara perlahan dan lembut. Hal itu akan mempermudah Anda untuk memiliki kuku yang bersih tanpa ada kotoran yang terlihat. Jadi, jangan lupa dicoba, ya!

(Baca: Sikat Gigi Manual VS Sikat Gigi Elektrik, Pilih Mana?)

4. Bersihkan kuku Anda dengan jeruk nipis dan buah lemon

Selanjutnya, cara alami bersihkan jari kuku yaitu dengan menggunakan bahan alami. Jeruk nipis dipercaya membantu menjaga kesehatan dan kebersihan kuku Anda, lho! Loh kok bisa? Ya, jeruk nipis memiliki kandungan yang dapat menjaga kuku dari infeksi jamur. Begitu pula dengan buah lemon, lemon memiliki kandungan asam sitrat yang membantu memutihkan kuku kembali seperti warna kuku aslinya, lho! Wah, hebat sekali bukan khasiat dari jeruk nipis dan lemon? Patut Anda coba ya, untuk perawatan kuku yang lebih maksimal!

(Baca: Manfaat dan Batasan Mengonsumsi Jeruk Nipis)

5. Kurangi pemakaian kutek pada kuku!

Terakhir, cara alami bersihkan jari kuku. Siapa yang tidak mau memiliki kuku berwarna dan bermotif indah? Ya, pasti banyak diantara Anda para wanita yang gemar untuk mengecat dan mewarnai kuku dengan kutek, benar bukan? Menggunakan kutek pada kuku sebenarnya tidak masalah. Namun, yang harus diperhatikan jangan terlalu sering memakai dan menggunakan kutek untuk memperhias kuku Anda. Mengapa? Karena pemakaian yang terlalu sering akan dapat merusak dan melemahkan kuku. Tetapi jika tetap ingin menggunakan kutek, bersihkan kuku dengan rutin sebelum dan sesudah memakai kutek agar kuku Anda tetap sehat dan tidak rusak.

(Baca: Serba-serbi Kutil yang Harus Anda Ketahui)

Dari 5 hal cara penting di atas, disarankan untuk  Anda lakukan dengan rutin dan maksimal. Itu semua akan berpengaruh bagi kesehatan tubuh Anda. Ingin tahu perawatan jari kuku yang baik dan benar? Segera klik ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan cara penanganannya.  Jadi, selamat mencoba dan raih kuku bersih Anda secara alami!

 

Comments are closed.