Ini Dia Bahaya yang Mengintai jika Anda Malas Membersihkan Lidah!

www.go-dok.com

Setelah seharian beraktivitas dan mengonsumsi banyak hal, Anda tentu akan menutup hari dengan menggosok gigi. Alasannya tidak lain karena Anda tahu bahwa jika tidak dibersihkan, kesehatan gigi akan menurun sebab plak yang menumpuk dibarengi berkembang biaknya bakteri di organ mulut. Sayangnya, sebagian besar dari Anda sering lupa untuk membersihkan lidah. Padahal,  justru bagian inilah yang berpotensi besar menjadi sarang bakteri dan jamur. Tidak percaya? Ayo simak penjelasan lengkapnya!

Lidah dan bakteri streptococcus

Seperti yang telah kita ketahui, lidah merupakan organ yang terletak di bagian dalam rongga mulut dan termasuk dalam kategori jaringan lunak. Lidah yang sehat memiliki warna merah muda dan tampak halus serta licin; sedangkan lidah yang tidak sehat memiliki banyak bercak keputihan atau bahkan kehitaman. Mengingat tekstur lidah yang terdiri dari tonjolan kecil (papilla) dan lekuk-lekuk (fissure), maka sangat mungkin bagi beberapa bakteri untuk bersembunyi dan kemudian berkembang biak, salah satunya adalah Streptococcus.

Walaupun sebenarnya bakteri Streptococcus sangat umum ditemukan di dalam rongga mulut, namun Anda harus tetap waspada. Mengapa? Karena jika tidak dibersihkan secara berkala, bakteri ini akan memicu timbulnya plak pada gigi.

Lebih lanjut, membersihkan lidah secara teratur juga terbukti mampu mengaktifkan kelenjar ludah (saliva). Produksi air liur inilah yang dipercaya oleh para peneliti sebagai bentuk self cleansing pada rongga mulut.

Lidah dan jamur kandida

Ternyata, membersihkan lidah tidak hanya disarankan bagi orang dewasa, namun juga bayi dan anak-anak. Pasalnya, pada lidah mereka sering tertinggal sisa susu atau makanan manis yang lengket. Jika sisa-sisa makanan tadi tidak dibersihkan dengan sempurna, maka lidah akan rentan terkena infeksi jamur kandida (candidiasis).

Pada umumnya, infeksi jamur ini ditandai dengan munculnya bercak putih yang dikelilingi semburat merah. Bila dibersihkan, bercak putih tadi akan menghilang, namun cenderung meninggalkan tanda kemerahan yang mudah sekali berdarah. Solusi untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan kain kassa steril yang digulung di jari tangan dan dibasahi terlebih dahulu dengan air panas sebelum diusapkan ke lidah secara lembut.

Lalu, bagaimana cara membersihkan lidah yang baik dan benar?

Demi mendapatkan lidah yang terbebas dari bakteri dan jamur penyebab bau mulut, Anda memang diharuskan untuk membersihkan organ yang satu ini secara teratur. Tenang, dewasa kini banyak  kok alat dan metode yang dapat dicoba untuk membersihkan permukaan lidah, misalnya tongue scraper. Mudah saja cara penggunaannya. Anda cukup menyapukan lengkungan alat serupa tongkat kecil berbahan plastik ini  pada lidah secara menyeluruh. Mudah, bukan?

Eits, ingat, ya! Jangan coba-coba membersihkan lidah dengan sikat gigi. Alasannya karena besarnya tekanan yang dihasilkan akan membuat lidah teriritasi.

Jadi, mulai sekarang jangan malas membersihkan lidah Anda setiap hari dengan baik dan benar ya, semoga informasi di atas bermanfaat!

Comments are closed.