Jangan Sembarangan! Ini Dia Bahaya Menindik Lidah

bahaya menindik mulut
Bahaya menindik mulut ketika proses penindikan biasanya dilakukan bukan oleh tenaga kesehatan yang memiliki cukup pengetahuan tentang anatomi rongga mulut. Jadi, sebelum memutuskan untuk menindik mulut, ada baiknya Anda mengetahui risikonya.

GoDok Bahaya Menindik Mulut –  Sejak beberapa tahun belakangan, tren menindik anggota tubuh sudah bukan lagi hal yang terlihat janggal dilakukan oleh beberapa orang. Di jalan-jalan, kini dapat lebih sering Anda lihat anak-anak muda dan dewasa wara-wiri dengan tindikan di berbagai bagian tubuh. Tren yang semula hanya diterapkan oleh komunitas tertentu ini, sekarang tampaknya sudah tidak menjadi sesuatu yang eksklusif lagi.

Sejatinya, menindik adalah menyematkan sebuah benda (logam, gigi, tanduk, atau tulang) berbentuk tertentu secara semipermanen atau permanen dengan cara menembuskan benda tersebut pada kulit yang telah dilubangi. Bagian tubuh yang menjadi pilihan untuk ditindik pun bermacam-macam, salah satunya adalah mulut.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa tindik yang dilakukan di dalam mulut melibatkan tindakan melubangi jaringan mulut dengan tujuan untuk memakaikan perhiasan di lubang tersebut. Bahayanya, proses penindikan biasanya dilakukan bukan oleh tenaga kesehatan yang memiliki cukup pengetahuan tentang anatomi rongga mulut. Malah, sebagian besar proses penindikan dilakukan tanpa prosedur bius atau anestesi. Duh, terdengar menyakitkan, ya?

(Baca: Tindik Lidah dan Bahayanya Bagi Kesehatan Mulut)

Hal-hal tersebut tentu tidak dapat dianggap sepele, karena penanganan yang sesuai prosedur medis sangatlah diperlukan. Jika tidak, bisa saja lubang tindikan tersebut akan menjadi sarang bakteri yang kemudian hari dapat menyebabkan infeksi parah. Karena itulah, sebelum memutuskan untuk menindik mulut, ada baiknya Anda mengetahui risikonya. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan :

  1. Seperti yang Anda ketahui, mulut merupakan tempat berkumpulnya banyak bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan bengkak. Apalagi jika daerah yang ditindik. Selain itu, bakteri di dalam mulut juga dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung dan kesulitan pernapasan.(Baca: Gusi Anda Berdarah? Mungkin Saja Ini Penyebabnya)
  1. Perhiasan atau benda lain yang dipasangkan ke dalam lubang tindik bisa saja pecah atau lepas dan tertelan secara tidak sengaja, lho. Hal ini dapat terjadi saat Anda mengunyah makanan, menyikat gigi maupun berbicara. Jika hal ini terjadi, maka satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah menjalani operasi untuk mengambil benda tersebut menggunakan alat dari dokter bedah. Cukup repot, bukan?
  1. Tindik pada rongga mulut dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti kesulitan bicara, mengunyah atau menelan. Tindikan dapat pula memicu reaksi alergi karena material dari bahan tindik dianggap sebagai benda asing bagi tubuh.Selain itu adanya benda asing akan membuat para tenaga medis kesulitan dalam mengambil foto rontgen untuk melakukan diagnosis pada penyakit dalam tubuh Anda.
  1. Tindik memicu penyakit yang serius seperti penyakit gusi, perdarahan yang tidak terkontrol jika pemasangan tindik melukai pembuluh darah. Selain itu, tindik di mulut juga dapat menyebabkan infeksi yang sulit untuk sembuh akibat mudah masuknya bakteri ke dalam lubang tindik. Hasilnya, risiko Anda untuk terkena penyakit hepatitis B dan C pun akan meningkat. Mau?(Baca: Penyakit Hepatitis)
  1. Tindik juga dapat menyebabkan kerusakan syaraf dan parestesi (kehilangan sensasi untuk merasakan) apabila secara tidak sengaja proses tindik melukai jaringan syaraf.
  1. Tindik pada rongga mulut menyebabkan terjadinya arus galvanis yang diakibatkan oleh logam atau material tindik akan langsung mengenai jaringan lunak mulut.

Nah, setelah mengenal risiko yang dapat terjadi, masihkah Anda mempertimbangkan untuk menindik tubuh? Pikirkan masak-masak, ya! Semoga bermanfaat!

Comments are closed.