Ini Dia 7 Cara Atasi Kaki Bengkak

cara atasi kaki bengkak
Kaki bengkak dapat menghambat kegiatan sehari-hari bukan? Yuk, segera atasi dengan 7 cara atasi kaki bengkak di bawah ini

GoDok – Cara atasi kaki bengkakPernahkah Anda mengalami kondisi di mana salah satu atau kedua kaki terlihat membengkak dan berukuran lebih besar dari kondisi normal? Dapat disebabkan oleh beberapa faktor -seperti cedera atau penumpukan cairan akibat hamil-, kaki bengkak yang tidak segera ditangani terbukti dapat menghambat kegiatan Anda sehari-hari, lho!

Yuk, tangani kaki bengkak dengan praktikkan 7 cara atasi kaki bengkak khas Go Dok berikut ini!

1. Kompres dingin

Cara atasi kaki bengkak yang pertama adalah dengan menggunakan kompres dingin. Ya, selain efektif untuk menghilangkan nyeri pada kaki, kompres dingin juga dipercaya dapat menyembuhkan pembengkakan dengan segera. Caranya, balut es dengan menggunakan handuk, lalu tempelkan kompres ini di kaki yang bermasalah selama 10-15 menit.

2. Garam epsom

Berbeda dengan garam dapur yang umum digunakan untuk memasak, garam epsom ternyata kaya akan kandungan magnesium sulfat yang bermanfaat untuk melancarakan sirkulasi darah serta merilekskan otot-otot yang tegang. Karenanya, tidak mengherankan jika garam jenis ini digunakan sebagai cara atasi kaki bengkak pada beberapa bagian tubuh, termasuk kaki.

Caranya, larutkan 2-3 sdm garam epsom ke dalam air hangat. Lalu, masukkan kaki ke dalam larutan ini. Jika ingin proses penyembuhan berjalan lebih optimal, Anda juga bisa menambahkan garam epsom ke dalam air mandi. Mudah, bukan?

3. Jahe

Jarang yang mengetahui bahwa senywa gingerol yang terdapat dalam jahe ternyata baik untuk melancarkan sirkulasi darah serta mengatasi peradangan (inflamasi) pada kaki bengkak. Caranya, campurkan jahe yang telah dihaluskan dengan minyak zaitun, aduk hingga berbentuk pasta. Gunakan campuran ini untuk mengolesi kaki yang bengkak.

4. Kunyit

Cara atasi kaki bengkak yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit. Hampir serupa dengan khasiat jahe, senyawa kurkumin dalam kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada kaki. Tertarik mencoba? Caranya, campurkan 1-2 sdm bubuk kunyit dengan minyak kelapa, lalu aduk hingga berbentuk pasta. Dengan mengaplikasikan pasta ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari, Anda akan langsung melihat perubahan yang signifikan pada kaki.

5. Sari cuka apel

Umumnya dikenal sebagai minuman yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, sari cuka apel ternyata dapat digunakan sebagai cara atasi kaki bengkak. Tidak mengherankan, sebab dalam satu gelas sari cuka apel terkandung beberapa senyawa (potasium, kalsium, dan mineral penting lainnya) yang baik untuk meredakan nyeri, perdangan, dan pembengkakan. Cara penggunaannya pun tergolong sangat mudah. Anda cukup mengompres kaki yang bengkak dengan campuran air hangat dan sari cuka apel, setidaknya 2 kali dalam sehari.

6. Mentimun

Cara atasi kaki bengkak yang terakhir adalah dengan mentimun. Karena bersifat anti-inflamasi dan menyejukkan luka (soothing), banyak orang kemudian mencoba pengobatan kaki bengkak dengan menggunakan mentimun. Caranya, potong mentimun menjadi beberapa irisan kecil, lalu letakkan di kaki yang bermasalah. Agar tidak jatuh, Anda dapat mengikatkan handuk bersih di sekelilingnya. Mudah sekali!

6. Minyak zaitun

Sejak dahulu, minyak zaitun sudah dipercaya sebagai bahan alami yang kaya khasiat; termasuk sebagai cara atasi kaki bengkak. Nah, jika Anda tertarik untuk mencobanya, maka segera panaskan 4-5 sdm minyak zaitun. Gunakan minyak hangat ini untuk memijat kaki yang bengkak. Ingat, pijat secara perlahan saja, ya! Sebab, jika dilakukan dengan serampangan, pijatan justru akan memperparah kondisi kaki.

Itu tadi 7 cara atasi kaki bengkak yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasinya Go Dok di sini.