Ini Dia 6 Ciri Pil KB Tidak Cocok

ciri pil KB tidak cocok

Go Dok- Ciri pil KB tidak cocok- Bagi beberapa pasangan, menunda untuk punya momongan merupakan suatu prioritas tersendiri. Alasannya beragam, mulai dari kesibukan pekerjaan, studi yang belum selesai, hingga masalah biaya yang masih mengganjal. Karenanya, beberapa pasangan memilih untuk menggunakan pil atau suntik KB. Pil dan suntikan yang harus dimasukkan ke dalam tubuh wanita secara teratur ini  mengandung hormon serupa progesteron yang memang telah ada dalam tubuh Anda. Hormon tersebut akan memiliki efek mengentalkan lendir rahim Anda, sehingga sel sperma pasangan akan sulit bergerak ke arah rahim. Tak hanya itu, pil dan suntikan KB juga akan mencegah terjadinya ovulasi dan menjadikan dinding rahim selalu tidak siap dalam menerima hasil pembuahan sel sperma dan sel telur.

Bagaimana ciri pil KB tidak cocok?

Sayangnya, beberapa wanita bisa saja tidak cocok dengan pil atau suntikan KB yang digunakan, sehingga penggunaannya harus dihentikan dan diganti dengan cara lain yang lebih cocok. Nah, apa sajakah 6 ciri pil KB tidak cocok? Berikut beberapa di antaranya :

1. Obesitas

Ciri pil KB tidak cocok yang pertama adalah kenaikan berat badan. Pasalnya, sejak dulu pil KB telah memiliki reputasi buruk dalam hal kecocokannya pada wanita yang berat badannya berlebih. Jadi, jika berat badan Anda naik secara drastis, akan lebih baik mengganti pil KB yang dikonsumsi.

2. Perut menjadi kembung

Perlu Anda ketahui, bahwa hormon estrogen yang terkandung dalam pil KB dapat membuat pemakainya menjadi kembung. Pasalnya, hormon tersebut akan menahan cairan di dalam tubuh sehingga perut Anda dipenuhi oleh gas. Jika Anda terganggu dengan perkara ini, ada baiknya untuk segera mengganti metode KB Anda.

3. Mood swing

Ciri pil KB tidak cocok yang ketiga adalah munculnya perubahan mood yang cukup drastis. Sebenarnya, dalam batas wajar hal ini umum terjadi pada pengguna pil KB, karena hormon progesteron yang terkandung di dalamnya dapat memengaruhi suasana hati seorang wanita. Namun, jika mood swing yang Anda rasakan sudah kelewatan, mungkin sudah waktunya Anda mengganti pil KB dengan kontrasepsi lain yang memiliki kadar hormon progesteron yang lebih rendah.

4. Menurunnya gairah seksual

Tak jarang, beberapa pil KB dapat membuat kadar libido yang diproduksi tubuh menurun. Pasalnya, pil KB dapat mencegah ovarium Anda menghasilkan hormon testosteron yang berperan memproduksi libido penambah gairah seksual. Tentu, hal ini akan mengganggu kehidupan seksual Anda dan pasangan. Karenanya, jika mengalami hal ini, ada baiknya Anda beralih ke pil atau metode KB lain.

5. Menstruasi yang berlebihan

Ciri pil KB tidak cocok yang selanjutnya adalah terjadinya menstruasi dengan volume darah yang lebih banyak dari biasanya. Pendarahan yang tidak teratur dengan darah dan flek yang kelewat banyak biasanya dikeluhkan oleh para pengguna pil dan suntik KB, serta IUD (KB spiral). Biasanya, efek ini hanya berlangsung sementara. Namun, jika terjadinya lebih dari 3 bulan, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mengganti metode KB yang digunakan.

6. Migrain

Jika Anda mengalami migrain hebat hingga pandangan mengabur setelah mengonsumsi Pil KB, jangan abaikan hal ini. Pasalnya, berdasarkan sebuah studi, hal ini bisa membuat risiko Anda dalam terkena penyakit stroke dan pembekuan darah menjadi tinggi. Jadi, gantilah metode KB Anda jika mengalami hal ini.

Nah itu dia 6 ciri pil KB tidak cocok yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.