Kata Dokter, Ini Dia 6 Cara Menaikkan Berat Badan

cara menaikkan berat badan
Memiliki tubuh yang terlalu kurus dan berat yang di atas rata-rata sebenarnya tidak baik bagi kesehatan. Bahkan, bukan tidak mungkin kondisi ini menjadi tanda adanya penyakit serius, seperti hipertiroid dan tuberkulosis

GoDokCara Menaikkan Berat BadanBeberapa saat yang lalu, Go Dok pernah membahas tentang Keira Knightley, aktris asal Britania Raya yang tak bisa gemuk sebagai imbas dari sistem metabolismenya yang bekerja terlalu cepat. Tentunya tak hanya si cantik Keira, beberapa dari Anda pun mungkin menderita kondisi ini. Di saat kebanyakan orang ingin menurunkan berat badan, Anda justru ingin hal yang sebaliknya. Terang saja, sebab memiliki tubuh yang terlalu kurus dan berat yang di atas rata-rata sebenarnya tidak baik bagi kesehatan. Bahkan, bukan tidak mungkin kondisi ini menjadi tanda adanya penyakit serius, seperti hipertiroid dan tuberkulosis. Gawat, bukan?

Karenanya, ada baiknya Anda benar-benar menjalani tahap penggemukkan badan tersebut dengan benar dan tekun. Jika badan Anda memang susah gemuk, jangan khawatr dan ikuti 6 cara menaikkan berat badan untuk mengatasinya. Dan lakukannya jangan setengah-setengah, ya!

Cara menaikkan berat badan yang harus Anda coba

1.  Periksa kesehatan tubuh Anda

Hal pertama sebagai cara menaikkan berat badan yang perlu Anda lakukan periksa dahulu kesehatan tubuh Anda. Dengan ini, Anda akan mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Tak hanya itu, Anda dapat pula mengetahui riwayat penyakit yang mungkin dapat menggagalkan proses penambahan berat badan nantinya.

2. Jangan lupa sarapan

Tahukah Anda, bahwa seseorang yang ingin menambah berat badan tidak boleh kekurangan, gizi, lemak dan energi? Nah, salah satu cara menaikkan berat badan adalah dengan sarapan. Sebagai menu sarapan Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein dan nutrisi, seperti telur, roti, sayur-sayuran, buah-buahan, susu dan lain-lain. Tak perlu mahal, kan?

3. Perhatikan pola makan Anda

Nah, ini dia poin pentingnya! Anda harus benar-benar memerhatikan pola makan Anda! Untuk menambah berat badan, Anda sebaiknya makan 4-5 kali sehari dengan porsi yang lebih sedikit namun sering. Sisipkan juga camilan sehat yang dapat Anda kudap sewaktu-waktu. Selain itu, Anda dianjurkan pula untuk lebih sering mengonsumsi daging, ikan dan  makanan berprotein tinggi lainnya. Tak hanya protein karbohidrat dari telur, nasi, dan oatmeal juga diperlukan oleh tubuh Anda. Tak lupa, Anda juga harus menambah kalori dalam pola makan Anda, misalnya dengan tambahan keju, mentega atau yang lainnya.

(Baca: Ini Dia Kalori Dari Menu Sarapan Versi Orang Indonesia!)

5. Perhatikan pula minumnya

Selain pola makan, Anda harus pula memperhatikan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan Anda rajin meminum susu, sebab kandungan kalsium dan lemak di dalamnya dapat membantu proses penggemukan tubuh Anda.  Selain itu, Anda dapat pula mengonsumsi minuman sehat tanpa bahan kimia, seperti jus buah asli yang ditambah susu atau cokelat, dan minuman yang mengandung madu asli.

5. Jaga pula pola tidur Anda

Pola tidur juga bisa menjadi salah satu dari 6 cara menaikkan berat badan Anda. Jika Anda kelewat sering begadang, kesehatan tubuh Anda akan terganggu. Begitu pula bila kelewat sering tidur dalam sehari. Kekurangan atau kelebihan tidur ini dapat membuat berat badan Anda tidak ideal dan berpotensi memicu kanker serta tumor mematikan. Mengerikan, bukan?

6. Jangan lupa berolahraga

Terakhir, cara menaikkan berat badan Anda dengan olahraga. Jangan fikir olahraga hanya untuk diet, ya! Olahraga itu penting dilakukan, baik saat Anda mau menurunkan atau menambah berat badan. Jika Anda ingin menambah berat badan dengan sehat, maka hal ini harus diimbangi dengan olahraga. Nggak bakal rugi kok, sebab olahraga dapat pula meningkatkan nafsu makan dan mengurangi risiko penyakit parah.  Jika porsi dan jenis olahraga yang Anda lakukan sudah tepat, maka bukan tidak mungkin berat badan Anda bertambah dalam waktu sekejap!

(Baca: Waktu yang Tepat untuk Berolahraga)

Nah, itu dia cara menaikkan berat badan bagi Anda yang susah gemuk. Bagaimana? Sudah tidak khawatir lagi, bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!