Ini Daftar Olahraga untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

olahraga untuk meningkatkan kesuburan pria

Go Dok- Olahraga untuk meningkatkan kesuburan pria- Pria mana yang tidak ingin memiliki kesuburan yang baik? Anda tentu juga bukan salah satunya. Ternyata, kesuburan tersebut bisa Anda dapatkan dengan melakukan olahraga. Lantas, apa olahraga untuk meningkatkan kesuburan pria?

Yuk, intip daftar olahraga untuk  meningkatkan kesuburan pria dari paparan berikut ini!

Pria dapat meningkatkan kualitas sperma dengan melakukan olahraga sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Fakta tersebut didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan pada 261 pria sehat yang berusia 25-40 tahun dengan gaya hidup minim dengan aktivitas.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kelompok pria yang melakukan olahraga yang tidak berat atau tidak intens memiliki kualitas kesuburan yang paling baik dibandingkan kelompok pria yang melakukan olahraga berat. Kelompok dengan olahraga yang sedang tersebut menunjukkan volume sperma lebih dari 8%. Motilitas sperma kelompok tersebut meningkat 12%, dan morfologi mereka meningkat 17%.

Tingkat berat dan ringannya jenis kegiatan olahraga sebenarnya bergantung kepada Anda sendiri. Anda dapat mengukurnya dari tingkat kesehatan dan kebugaran tubuh sendiri. Namun, ada beberapa jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan hampir setiap orang. Olahraga ringan seperti apa sajakah yang dapat meningkatkan kesuburan pria? Anda bisa mencoba beberapa olahraga seperti:

1. Jogging ringan

Olahraga untuk meningkatkan kesuburuan pria yang pertama dengan jogging ringan. Kegiatan jogging merupakan salah satu olahraga kardio yang efektif untuk penurunan berat badan dan meningkatkan kesuburan pria. Jika Anda tidak memiliki waktu lebih untuk melakukan kegiatan ini, Anda bisa melakukan jogging ringan dalam waktu singkat, dibandingkan jogging berat yang hanya dilakukan sesekali.

2. Berenang

Olahraga air yang satu ini tidak hanya menyenangkan untuk dilakukan, tetapi juga dapat membakar kalori sekaligus menghasilkan hormon endorfin yang bertanggungjawab atas perasaan senang, tanpa harus membebankan pada siku, lutut, dan sendi pada pergelangan.

3. Yoga

Terakhir olahraga untuk meningkatkan kesuburam pria adalah yoga.  Yoga, yang sering dianggap sebagai salah satu cara bermeditasi, dianggap mampu mengurangi stres dan racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, gerakan yoga juga dipercaya dapat membakar kalori dan menguatkan otot.

Jenis-jenis olahraga ringan tersebut harus dilakukan secara teratur dan berkelanjutan. Pasalnya, berdasarkan hasil penelitian yang sama, peningkatan kesuburan pada pria tersebut akan berhenti dalam hitungan seminggu setelah berhenti berolahraga. Angka kualitas bahkan volume sperma tersebut akan kembali ke angka awal jika olahraga tidak dilakukan secara konstan dan berkelanjutan.

Berbanding terbalik dengan manfaat yang diperoleh dari olahraga sedang yang dilakukan, olahraga berat dan intens justru dianggap dapat merusak sperma. Misalnya, angkat beban dapat menyebabkan peregangan pada sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut berarti membuat tubuh membutuhkan waktu pulih lebih lama dan membuat tubuh menghabiskan lebih banyak energi dibandingkan menyimpan energi untuk membuat sperma dengan kualitas baik.

Olahraga bersepeda jarak jauh juga dapat memperburuk kualitas sperma. Anda terpaksa harus duduk di atas sadel sepeda yang keras dan memberikan tekanan pada testikel Anda dalam waktu yang lama. Hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada testikel dan memengaruhi kualitas sperma Anda.

Namun, tentunya olahraga untuk meningkatkan kesuburan pria tersebut juga harus diimbangi oleh gaya hidup yang sehat. Misalnya, dengan berhenti merokok. Pasalnya, kandungan yang terdapat pada rokok dapat memengaruhi kuantitas sperma. Anda juga harus menjaga berat badan dan pola hidup sehat dengan diet yang baik.

Itu tadi jenis-jenis olahraga untuk meningkatkan kesuburan pria. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

NA/PJ/MA

Referensi