Ini Cara Atasi Radang Tenggorokan pada Anak!

cara atasi radang tenggorokan pada anak

Go Dok-  Cara atasi radang tenggorokan pada anak- Radang tenggorokan umumnya sering kali menyerang anak-anak balita yang umurnya cenderung dibawah 10 tahun. Radang tenggorokan yang biasanya terjadi pada musim kemarau maupun pancaroba ini kerap menjadi penghalang bagi si kecil untuk tetap aktif dalam bermain atau menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Nah, radang tenggorokan ini dapat disebabkan oleh alergi, virus atau bakteri yang rentan menyerang sang anak yang daya tahan tubuhnya rendah. Untuk itu, perlu bagi sang Bunda untuk memperhatikan dan menjaga kesehatan sang anak dengan memperhatikan kebutuhan imunnya. Nah, apabila anak Anda terserang radang tenggorokan, jangan panik terlebih dahulu, ya! Penyakit ini ternyata bisa diatasi secara perlahan dan alami, lho! Anda ingin tahu?

Yuk simak penjelasan cara atasi radang tenggorokan pada anak  di bawah ini!

1. Minum madu

Cara atasi radang tenggorokan pada anak yang pertama dengan meminum madu. Salah satu penemuan mengatakan saat madu dicampur dengan teh atau air hangat, dapat mempermudah penyembuhan radang tenggorokan. Mengapa? Karena madu dapat meredakan batuk terutama saat malam hari. Nah, salah satu cara ini bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak.

2. Berkumur dengan air garam

Ya, salah satu alternatif perawatan bagi anak yang terkena radang tenggorokan dapat berkumur dengan air garam. Loh kenapa air garam? Karena, berkumur dengan air garam hangat bisa membantu menenangkan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Ini juga diketahui bisa membantu membunuh bakteri di tenggorokan. Anda dapat membuatnya menjadi larutan air asin dengan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. Lalu, berkumurlah untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga agar tenggorokan tetap bersih. Ini harus dilakukan setiap tiga jam atau lebih, ya!

3. Minum jus lemon

Minum jus atau air lemon juga dapat menjadi pengobatan bagi anak Anda yang terserang radang tenggorokan. Anda juga dapat mencampurkan madu dengan air lemon. Lemon sendiri bertindak melawan spektrum luas mikroba penyebab penyakit. Nah, dalam studi tabung percobaan, minyak atsirinya dapat menghancurkan bakteri, termasuk strep, plus berbagai virus, termasuk beberapa faktor yang menyebabkan gejala flu dan juga dapat mengeringkan dahak. Anda bisa menambahkan ramuan lemon ini ke teh penyembuhan. Yuk, Bun, boleh dicoba!

4. Minum minuman dingin

Cara atasi radang teggoroka pada anak selanjutnya dengan meminum minuman dingin. Anak boleh sesekali meminum minuman dingin apabila sedang menderita radang tenggorokan, namun juga tetap tidak boleh apabila menderita flu dan batuk. Ketahui dulu penyababnya, baru bertindak. Mengapa boleh minum minuman dingin? Karena, dengan meminum minuman dingin dapat membunuh bakteri-bakteri yang menempel di tenggorokan. Namun, jangan terlalu sering juga, ya! Cukup satu atau dua kali saja.

5. Pastikan anak rajin menyikat gigi dan cuci tangan

Nah, jangan lupa juga untuk memastikan bahwa anak Anda rajin menyikat gigi dan cuci tangan. Hal itu dapat membuatnya terhindar dari penyakit dan mengeluarkan bakteri-bakteri yang menjadi penyebab radang tenggorokan. Karena dengan menjaga kebersihan, dapat membantu mencegah virus atau bakteri lain yang datang menyerang sang anak.

6. Hindari dehidrasi dan beri makanan yang mudah dicerna

Hindari anak merasa dehidrasi. Saat, mengalami radang tenggorokan, tubuh sangat  memerlukan cairan. Cairan dapat membantu sekresi tipis dan menenangkan tenggorokan yang terkena radang. Cairan panas, seperti teh atau sup, dapat membantu mengurangi iritasi tenggorokan, lho!

7. Pengobatan dengan dokter

Nah terakhir cara atasi radang tenggorokan pada anak, apabila Anak belum kunjung membaik dengan pengobatan secara alami di atas, Anda wajib periksa ke dokter. Ketahui penyebabnya dan dengan datang ke dokter, anak Anda akan mendapat perawatan dan pengobatan yang tepat. Misalnya, akan diberi antibiotik atau obat-obatan lainnya yang dapat menyembuhkan anak dari radang tenggorokan. Karena tetap saja, dokter lebih tahu daripada kita. Benar, bukan?

Nah, mulai sekarang Anda tidah usah terlalu khawatir dengan radang tenggorokan yang menyerang sang buah hati, ya! Coba lakukan cara atasi radang tenggorokan pada anak di atas untuk perawatan secara alami. Namun, apabila belum kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter, ya! Semangat, Bunda!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SI/PJ/MA

Referensi