Tingkatkan Produktivitas dengan Tanaman Hijau!

www.go-dok.com

Rutinitas pekerjaan di kantor yang monoton dan itu-itu saja dapat membuat Anda bosan dan tertekan. Akibatnya, produktivitas dan kinerja Anda mungkin menurun karena semangat yang kian turun setiap harinya. Jika dibiarkan berlarut-larut, hal ini tentu saja dapat mengancam kelangsungan karir Anda. Lalu, apa yang harus dilakukan? Mudah saja, cukup taruh tanaman hijau di meja kerja.  Lho, kok bisa?

Salah satu peneliti dari Cardiff University, Nieuwenhuis Marlon, menjelaskan bahwa tanaman hijau di area perkantoran ternyata dapat memberikan efek positif bagi kesehatan dan semangat kerja karyawan. Lebih lanjut, ketersediaan tanaman hijau ternyata dapat meningkatkan nilai produktivitas pegawai sebesar 15 persen. Alasannya tidak lain karena  tanaman berklorofil rutin melakukan proses fotosintesis dengan menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen.  Hasilnya, lingkungan sekitar akan terasa lebih segar dan tidak pengap sehingga semangat karyawan dalam bekerja pun meningkat.

Meskipun kaya akan manfaat, menanam tanaman hijau di kantor bukanlah perkara mudah. Seringkali, kondisi lingkungan sekitar yang tidak mendukung, seperti minim paparan sinar matahari, membuat opsi menanam tanaman hijau terkesan tidak masuk akal. Eit, tapi jangan salah! Berikut beberapa tanaman yang dapat Anda pelihara dalam kondisi minimum:

1. Tanaman zamio

Berbeda dengan tanaman lain pada umumnya, zamio termasuk tumbuhan yang justru akan tumbuh dengan baik di lingkungan yang minim air dan sinar matahari. Karenanya, untuk lingkungan kantor, zamio bisa menjadi solusi tepat tanaman hijau Anda.

2. Lidah mertua

Karena  sifatnya yang tetap dapat tumbuh subur meskipun jarang dirawat, lidah buaya seringkali menjadi opsi jenis tumbuhan yang dipelihara di kantor. Dengan warnanya yang cerah danbentuknya yang unik, tanaman ini terbukti mampu  memberikan suasana alami dalam ruang kerja Anda.

3. Sirih belanda

Tidak hanya kuat dalam menghadapi berbagai macam kondisi dan cuaca, tanaman ini juga dapat membersihkan udara di ruang kerja Anda dengan menyerap zat beracun, seperti, benzene, formaldehida, dan karbonmonoksida. Selain itu, karena bentuknya yang unik, tanaman ini dapat turut memperindah dekor ruangan tempat Anda bekerja.

Comments are closed.