Ingin Kulit Cantik dan Sehat? Pakai Oatmeal Saja!

www.go-dok.com

Siapa sih yang tidak mengenal oatmeal? Makanan berserat tinggi yang biasa dikonsumsi kala sarapan ini digadang-gadang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan jantung. Namun, tahukah Anda, bahwa selain baik bagi kesehatan, ternyata oatmeal juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit dan wajah?

Menurut dr. Ranella Hirsch, MD, seorang dermatologis asal Boston, Amerika Serikat, oatmeal mengandung komponen yang bersifat melembapkan dan mencegah peradangan pada kulit. Selain itu, oatmeal juga efektif untuk membersihkan pori-pori kulit, lho!

Penasaran dengan manfaat oatmeal lainnya bagi kecantikan? Ayo, simak penjelasan lengkapnya berikut ini :

1. Mencegah jerawat

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawatoatmeal bisa jadi merupakan solusi yang selama ini dicari-cari. Sifat oatmeal yang mampu menyerap minyak berlebih sangat berguna untuk mengontrol sebum kulit wajah, membasmi bakteri penyebab jerawat, serta mengangkat sel kulit mati.

Mudah saja cara penggunaannya. Anda cukup mencampurkan segenggam oatmeal dengan air secukupnya, kemudian aduk hingga rata. Ada baiknya untuk menyimpan dulu oatmeal di dalam kulkas selama 1-2 jam sebelum diaplikasikan layaknya masker ke wajah. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

2. Melembabkan kulit

Ingin terhindar dari kulit kering sekaligus menjaga tingkat kelembapannya? Jika ya, maka hal yang dapat Anda coba dengan berendam dalam air yang telah dicampur oatmeal. Caranya? Tuanglah secangkir oatmeal ke dalam bak mandi yang berisi air hangat, lalu berendamlah di dalamnya selama 15-30 menit. Mudah, bukan?

3. Memutihkan kulit

Jarang yang mengetahui bahwa oatmeal efektif untuk membuat kulit tampak lebih cerah karena dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus menghilangkan sisa kotoran di kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, ubahlah oatmeal menjadi scrub alami dengan cara mencampurkan secangkir susu, dua cangkir oatmeal, dan satu sendok makan madu. Aduk bahan-bahan tadi dalam suatu wadah hingga menggumpal, lalu oleskan ke seluruh bagian tubuh sambil digosok secara perlahan.

4. Menyamarkan Bekas Luka

Manfaat oatmeal untuk kecantikan yang harus Anda ketahui adalah  khasiatnya dalam menyamarkan bekas luka di tubuh. Anda cukup mencampurkan oatmeal dengan air panas, lalu dinginkan hingga bersuhu normal (36o C – 37o C). Setelahnya, oleskan campuran tersebut ke bekas luka di kulit. Lakukan secara rutin, minimal dua kali dalam seminggu, dan voala, bekas luka akan memudar!

5. Pembersih Wajah

Terakhir dari manfaat oatmeal untuk kecantikan,  tahukah Anda bahwa oatmeal mengandung saponin? Senyawa kimia memiliki sifat sebagai pembersih intens. Oleh karenanya, oatmeal dapat digunakan sebagai pembersih wajah. Caranya, campurkan oatmeal dengan air hangat secukupnya, aduk hingga menjadi pasta, kemudian tambahkan satu sendok teh madu. Setelah itu, oleskan pada wajah, gosok dengan gerakan melingkar untuk membersihkan kulit wajah. Tidak sulit bukan?

Jadi, jika Anda mendambakan kulit cantik dan sehat, tidak ada salahnya Anda mencoba tips di atas. Selamat mencoba!