Ingin Anak Pintar? Ini Dia Caranya

GoDok – Memiliki buah hati yang pintar dan cerdas sudah tentu merupakan kebanggaan tersendiri bagi setiap orangtua. Banyak cara yang kemudian ditempuh untuk mewujudkan impian tersebut, mulai dari mendaftarkan anak ke sekolah yang berkualitas, hingga menjadwalkan les atau kegiatan bimbingan belajar sebagai suplemen tambahan jam belajar buah hati. Namun, berbagai usaha tadi tidak akan memberikan dampak positif jika Anda sebagai orang tua lupa untuk melakukan hal-hal berikut:

1. Mengetahui minat anak

Memaksakan si kecil untuk menyenangi suatu bidang tidak akan membuat prestasinya meningkat. Sebaliknya, hal tersebut justru akan membuat ia enggan berkreasi dan tumbuh menjadi sosok yang membangkang. Solusinya, selalu ajak anak untuk mengomunikasikan setiap keinginan serta kondisi yang ia alami. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui apa yang anak alami sekaligus hal-hal yang menarik perhatiannya.

2. Menjaga asupan nutrisi harian

Seperti yang telah kita ketahui, asupan nutrisi harian memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kapasitas otak serta kecerdasan anak. Karenanya, ada baiknya Anda memperhatikan pola makan buah hati agar teratur dan seimbang. Cara yang paling mudah adalah dengan mengusahakan menu makanan agar selalu memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna. Lebih lanjut, Anda dapat menambah porsi asupan protein baik yang didapat dari ikan dan telur karena terbukti dapat mengoptimalisasi fungsi otak buah hati.

(Baca: Panduan Menyiapkan Bekal Si Kecil)

3. Menjaga pola tidur

Tahukah Anda, bahwa ternyata pola tidur berpengaruh terhadap perkembangan aspek kognitif anak? Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 3000 siswa SMA Rhode Island, Dr. Carskadon dari Brown University menyimpulkan bahwa tingkat kecerdasan berbanding lurus dengan durasi tidur. Ini didasarkan dari fakta bahwa siswa yang memperoleh rata-rata nilai A tidur lima belas menit lebih cepat daripada siswa yang mendapat nilai B, yang lima belas menit tidur lebih cepat dari pada siswa mendapat nilai C, begitu seterusnya. Mencengangkan, bukan?

(Baca: Bagaimana Caranya Melatih Anak Untuk Tidur Sendiri?)

Meskipun tidak mudah, namun usaha membimbing anak agar menjadi sosok yang pintar dan cerdas juga tidak mustahil. Yang terpenting adalah kesabaran dan ketelatenan Anda sebagai orangtua dalam membimbing dan mengarahkan buah hati. Jadi, selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan