Infeksi Ginjal; Yuk, Kenali Kondisi Medis Ini Sebelum Terlambat!

Infeksi ginjal
Pielonefritis -atau yang lebih dikenal dengan istilah infeksi ginjal- merupakan salah satu jenis Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

GoDok- Infeksi ginjal- Istilah infeksi ginjal mungkin masih terdengar asing di telinga kebanyakan orang; padahal, kondisi medis ini terbukti dapat memicu komplikasi lain, seperti kerusakan fungsi ginjal hingga masalah kesehatan lainnya yang mengancam jiwa Anda. Menyeramkan, bukan? Karenanya, yuk, kenali  lewat penjelasan lengkap berikut ini!

Apa itu infeksi ginjal?

Pielonefritis -atau yang lebih dikenal dengan istilah infeksi ginjal- merupakan salah satu jenis Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Infeksi biasnaya berasal dari organ kemih lain, seperti uretra dan kandung kemih.

Jika dibandingkan dengan keluhan ISK lainnya, kasus ini memang tergolong lebih langka terjadi. Namun, bukan berarti Anda bisa lengah, lho! Karena infeksi ginjal yang banyak menimpa wanita dengan keluhan diabetes ini terbukti dapat memicu timbulnya luka parah pada ginjal. Jika dibiarkan terus berlanjut, maka kondisi ini dijamin dapat menganggu produksi urin serta proses sekresi tubuh Anda.

Apa saja gejalanya?

Jika ditilik lebih lanjut, maka dapat disimpulkan bahwa infeksi ginjal biasanya ditandai oleh beberapa gejala umum, seperti:

  • Terdapat darah atau pus (nanah, lender) pada urin
  • Demam dan sensasi panas-dingin pada tubuh
  • Nyeri pada punggung bagian bawah, sisi tubuh, serta kunci paha
  • Muntah dan mual
  • Hilangnyanafsu makan
  • Tubuh terasa lemas danmudah lelah
  • Sering timbul keinginan untuk buang air kecil
Lalu, penanganan apa yang paling tepat?

Jika terbukti menderita infeksi ginjal, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksakan diri ke klinik atau rumah sakit. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan terkait dengan seberapa parahnya infeksi yang diderita. Jika masih pada tahap ringan, dokter akan meresepkan obat-obatan jenis antibiotic. Namun jika sudah cukup parah, maka Anda akan dianjurkan untuk menjalani rawat inap. Tak hanya itu, Anda juga disarankan untuk banyak minum air putih guna memperlancar pengeluaran bakteri dari tubuh.

Adakah tindak pencegahan yang dapat dilakukan?

Mengingat besarnya bahaya infeksi ginjal yang siap mengincar, maka tidak berlebihan rasanya jika Anda melakukan beberapa tindak pencegahan, seperti:

  1. Langsung buang air kecil setelah berhubungan seksual. Hal ini penting dilakukan demi mencegah perkembanganya bakteri di saluran
  2. Buang air kecil secara teratur. Sebisa mungkin, hindari kebiasaan menunda-nunda atau menahan untuk buang air kecil.
  3. Bersihkan lubang anus dan alat kelamin. Untuk menghindari masuknya bakteri ke saluran kemih, Anda dianjurkan untuk membersihkan lubang anus dan alat kelamin dari arah depan ke belakang; bukan sebaliknya.
  4. Minum banyak air. Tujuannya adalah untuk merangsangpengeluaran bakteri melalui urin.
  5. Khusus untuk wanita, hindari menggunakan produk kewanitaan langsung pada genitalia. Faktanya, penggunaan beberapa jenis produk -seperti deodorantsemprot atau tisu basah- pada organ genetalia terbukti dapat meningkatkan risiko infeksi saluran uretra.  

Nah, itu dia serba-serbi infeksi ginjal yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.