Cegah Gigitan Nyamuk dengan Cara Ini!

cegah gigitan nyamuk

GoDok- Cegah gigitan nyamuk- Bunda, Anda pasti sudah tahu jika musim hujan merupakan waktu dimana nyamuk berkembang biak. Ada bermacam-macam alasan, mulai dari temperatur yang menjadi lembap hingga munculnya genangan air bekas hujan. Selain mengganggu, nyamuk juga dapat membahayakan kesehatan karena dapat menyebarkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah, chikungunya, malaria, hingga kaki gajah (filariasis). Adakah cara efektif untuk menangkal gigitan si hewan haus darah ini?

Yuk intip tips cegah gigitan nyamuk yang bisa  Bunda praktikkan di rumah berikut ini:

1. Gunakan minyak eucalyptus dan lemon.

Cegah gigitan nyamuk yang pertama dengan menggunakan minyak eucalyptus dan lemon. Kedua bahan alami ini direkomendasikan oleh CDC (Center for Disease Control) untuk mencegah gigitan nyamuk karena kandungan  antiseptik di dalamnya berkhasiat sebagai anastesi dan anti-inflamasi.

2. Makan cokelat.

Selain karena rasanya yang enak, peneliti dari University of California juga menyatakan bahwa aroma coklat dapat merusak fungsi sensor pendeteksi karbon dioksida nyamuk. Hasilnya, nyamuk akan terdisorientasi dan bingung. Hebat, bukan?

3. Bercocok tanam.

Selanjutnya, cegah gigitan nyamuk dengan bercocok tanam. Tidak ada salahnya untuk menanam tanaman yang dapat mengusir nyamuk di dalam atau di sekitar rumah. Beberapa tanaman yang terbukti ampuh mengusir nyamuk adalah tanaman serai, lavender, catnip, dan feverfew.

4. Gunakan pembasmi serangga yang mengandung DEET atau diethyltoluamide.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Mexico State University, DEET dalam obat pembasmi serangga terbukti mampu menangkal nyamuk lebih lama dan efektif’

5. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol.

Pada tahun 2002, sebuah studi di Jepang menyatakan bahwa konsumsi alkohol dapat meningkatkan sekresi keringat dan temperatur tubuh. Hasilnya, nyamuk akan semakin tertarik untuk menghisap darah Anda.

6. Lakukan 3M.

Terakhir, cegah gigitan nyamuk dengan lakukan 3M -Mengubur, Menguras, dan Menutup-. Langkah tadi dimulai dengan mengubur barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat genangan air, menguras bak mandi atau penampungan air lainnya secara teratur, hingga menutup tempat berpotensi menjadi tempat tumbuh kembangnya jentik nyamuk. Mudah, bukan?

Nah, bunda, sebenarnya tidak susah kok untuk menjaga keluarga Anda dari serangan si hewan kecil yang satu ini.  Asalkan sabar dan telaten untuk mempraktikkan tips cegah gigitan nyamuk di atas, musim hujan tidak akan membahayakan kesehatan. Selamat mencoba!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggung? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasinya di sini.

Tinggalkan Balasan