Ibu Hamil Harus Mencoba Spa & Senam Hamil Karena Alasan Ini!

spa dan senam ibu hamil
Spa danSenam Ibu Hamil – Ibu hamil tentunya akan merasa waswas dan gugup menjelang proses persalinan. Namun, dengan adanya spa dan senam hamil, kekhawatiran mengenai sakitnya proses persalinan sedikit demi sedikit berkurang

GoDokSpa dan Senam Ibu Hamil – Biasanya, ibu hamil memiliki banyak pantangan yang harus ditinggalkan dan juga keharusan yang harus dituruti agar melahirkan bayi yang sehat dan tidak kekurangan apapun. Selain itu, melahirkan secara normal adalah impian setiap ibu hamil. Akan tetapi, banyak ibu hamil yang bermalas-malasan disebabkan oleh kondisi kesehatan, ngidam, dan mudah lelah. Pada akhirnya, beberapa ibu hamil jarang menggerakkan badannya dan mempunyai kesulitan untuk melahirkan secara normal sehingga banyak yang melahirkan secara caesar.

Ibu, janganlah malas untuk melakukan beberapa gerakan agar persalinan Anda menjadi lancar. Salah satu yang dianjurkan untuk dilakukan oleh ibu hamil adalah senam. Usia kandungan haruslah di atas 22 minggu atau trimester ketiga dan sudah berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Mengapa kegiatan ini dikatakan baik? Sebab, senam hamil dapat menjaga tubuh ibu agar tetap sehat dan bugar serta membantu ibu untuk mendapatkan proses persalinan yang lancar.

Apa saja sih manfaat senam hamil?
  • Mengurangi rasa nyeri ketika melahirkan.
  • Cara efektif untuk mempunyai persalinan yang lancar.
  • Membuat pembuluh darah bekerja dengan baik, tubuh menjadi lebih sehat, dan siap untuk melahirkan.
  • Mengontrol kenaikan berat badan.
  • Mengurangi risiko terkenal kolestrol saat hamil.
  • Melatih otot perut, panggul, dan paha yang dapat memperlancar persalinan.
  • Membantu bayi masuk ke jalan lahir.
  • Melatih pernapasan.
  • Mengurangi kram.
  • Membantu Anda untuk tidur lebih lelap, sebab biasanya ibu hamil mengalami kesulitan untuk tidur karena tidak menemukan posisi yang pas.
  • Menurunkan risiko Anda terkena diabetes dan hipertensi.
  • Mengurangi stres dan membangkitkan semangat Anda. Umumnya, ibu hamilmemiliki mood yang berubah-ubah. Dengan senam hamil, level serotonin -senyawa kimia yang menghubungkan mood  ke otak- akan menurun sehingga
  • Tubuh akan lebih mudah kembali ke bentuk semula setelah melahirkan.

(Baca: Bunda, Waspadai Komplikasi Kehamilan Berikut)

Lalu, bagaimana dengan spa hamil?

Selain senam, dewasa kini banyak pula calon ibu yang tertarik dengan layanan spa di masa kehamilan. Banyak yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh melakukan spa karena dikhawatirkan membahayakan janin. Akan tetapi, dengan melakukan spa, kondisi psikis ibu hamil dapat menjadi lebih baik yang mana memberikan efek bagus untuk perkembangan janin.

Namun, sebelum melakukannya Anda juga harus memperhatikan usia kandungan. Anda dapat melakukan spa jika usia kandungan sudah memasuki trimester kedua dan berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Area yang dipijat juga berbeda dengan area yang biasa dipijat sebelumnya, yaitu bagian tangan, kaki, dan paha dengan posisi tubuh dalam keadaan miring. Perhatikan pula aroma pada lilin atau aromaterapi yang dipakai. Sebab, untuk menjamin keamanannya, bahan yang digunakan haruslah alami agar tidak menyebabkan permasalahan pada janin. Karena itu, gunakanlah aroma bunga atau minyak zaitun murni.

(Baca: Bunda, Kenali Makanan Terbaik Untuk Tiap Trimester Kehamilan)

Nah Bunda, janganlah malas untuk melakukan senam hamil agar persalinan normal dan lancar. Di samping itu, senam hamil juga mampu membuat Anda lebih sehat dan bugar. Selain senam, Anda bisa pula mempertimbangkan spa hamil, demi kesegaran dan psikis yang baik. Akan tetapi, konsultasikanlah kepada dokter kandungan terlebih dahulu.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!

Comments are closed.