Hindari Ini 5 Pola Hidup Pemicu Osteoporosis

pola hidup pemicu osteoporosis
Kesehatan tulang yang dijaga sejak dini dapat menghindari Anda dari terserangnya osteoporosis. Nah, pencegahan tersebut dapat Anda lakukan dengan menerapkan 5 pola hidup pemicu osteoporosis berikut ini!

GoDok Pola hidup pemicu osteoporosisSiapa yang tidak ingin memiliki tulang yang sehat dan kuat? Tentu Anda salah satu yang ingin memilikinya. Sebab, dengan tulang yang kuat, Anda akan tetap dapat beraktivitas dengan nyaman. Namun, impian Anda untuk tetap kuat hingga tua bisa tiba-tiba buyar karena satu hal; osteoporosis.

Osteoporosis merupakan pengeroposan tulang yang ditandai dengan hilangnya kepadatan tulang, sehingga menjadi mudah patah serta tidak tahan dengan benturan ringan. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, entah laki-laki maupun perempuan. Jika tak ingin mengalaminya, tentu Anda harus waspada akan gejala-gejala yang mungkin menandai kondisi osteoporosis di usia yang rentan. Salah satu gejala tersebut adalah, sakit punggung yang disebabkan oleh retak atau robeknya tulang belakang, kehilangan tinggi badan dari waktu ke waktu, dan postur tubuh mulai membungkuk.

Namun, sebenarnya hal-hal tersebut bisa Anda cegah, lho! Pasalnya, kesehatan tulang yang dijaga sejak dini dapat menghindari Anda dari terserangnya osteoporosis.

Sebaiknya, Anda hindari  5 pola hidup pemicu osteoporosis di bawah ini :

1. Sangat jarang mengonsumsi kalsium dan vitamin D

Kurangnya Anda mengonsumsi kalsium dan vitamin D dapat menjadi faktor utama terserang osteoporosis. Mengapa? Pasalnya, kombinasi kalsium dan vitamin D dapat mengurangi potensi terserangnya osteoporosis. Sejalan dengan pernyataan ini, National Osteoporosis Foundation pun merekomendasikan susu, susu kedelai, yoghurt, sayur-sayuran hijau, kubis, brokoli, ikan sarden dan salmon, ikan tuna, dan telur untuk pemenuhan kalsium dan vitamin D bagi tubuh.

2.  Kurangnya olahraga

Kurang berolahraga menjadi salah satu pola hidup pemicu osteoporosis, lho! Namun, jangan khawatir, sebab olahraga ringan, seperti lari atau jogging, senam, yoga, dan berenang bisa menjadi alternatif Anda untuk mencegah pengeroposan tulang. Dengan berolahraga, Anda bisa mengasah dan membiasakan tulang untuk tetap sehat dan kuat. Dan ketika usia tua tiba, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan keadaan tulang Anda. Mau?

3. Merokok

Merokok adalah pola hidup pemicu osteoporosis bahkan  berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mengapa demikian? Sebuah studi menunjukkan bahwa racun-racun di dalam rokok, seperti racun nikotin yang masuk pada sel-sel tulang dapat menghalangi kemampuan tubuh untuk menggunakan estrogen, kalsium, dan vitamin D guna menjaga kesehatan tulang. Karena hal tersebut, perokok akan lebih rentan mengalami osteoporosis.

4. Minum alkohol dan kafein

Pola hidup pemicu osteoporosis selanjutnya adalah mengonsumsi minuman beralkohol dan kafein. Pasalnya, alkohol dapat menahan pertumbuhan tulang dan menghilangkan kalsium yang ada pada tubuh. Begitu pula dengan kafein, terlalu banyak zat kafein yang masuk ke dalam tubuh akan mempercepat terjadinya pengeroposan pada tulang. Minuman yang mengandung kafein dapat menurunkan tingkat penyerapan kalsium bagi tulang.

5. Pola makan dan minum yang buruk

Terakhir, pola hidup pemicu osteoporosis salah satunya pola makan dan minum yang buruk. Anda harus mengetahui makanan dan minuman apa saja yang berbahaya bagi kesehatan tulang agar dapat terhindar dari osteoporosis. Makanan yang mengandung banyak garam, seperti pizza dan makana cepat saji lainnya, sangat berbahaya bagi kesehatan tulang. Menurut Linda Massey, seorang Human Nutrition Professor dari Washington State University, kandungan garam yang berlebihan dapat menurunkan kalsium dan melemahkan tulang.

Tak hanya itu, minuman bersoda juga berbahaya karena mengandung asam fosfat yang dapat meningkatkan eksresi kalsium dalam urin Anda. Begitu pula minuman lainnya yang kurang akan kalsium. Kombinasi seperti itu akan menimbulkan masalah bagi orang-orang khususnya wanita yang berisiko terkena osteoporosis. Ditambah lagi, jika Anda jarang meminum air putih untuk menanggulanginya.

Nah, setelah mengetahui pola hidup pemicu osteoporosis, mari cegah dan hindari pola-pola hidup tersebut sejak sekarang! Sebab jika bukan sekarang, kapan lagi? Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya di sini.