Hati-hati! Makanan Gosong dapat Menyebabkan Kanker

Makanan gosong dapat menyebabkan kanker

GoDok- Makanan gosong dapat menyebabkan kanker- Sudah sewajarnya tubuh manusia mengalami perubahan atau mutasi. Tapi apakah hal kecil seperti mutasi DNA berpengaruh buruk pada tubuh manusia?

Jawabanya adalah iya. Mutasi DNA dapat berpengaruh buruk pada tubuh manusia, misalnya makanan berkarbohidrat tinggi jika dimasak terlalu matang bahkan gosong dapat menimbulkan efek mutasi DNA yang dapat memicu munculnya kanker pada tubuh.

Makanan gosong dapat menyebabkan kanker- Timothy Fennell, Ph.D., direktur RTI Internasional dan ahli toksikologi mengatakan bahwa saat makanan berkarbohidrat tinggi dimasak dengan suhu yang tinggi, asam amino asparagine akan bereaksi pada gula di dalam makanan dan membentuk acrylamide. Hal inilah yang memicu risiko penyakit kanker.

Lalu, apa sebenarnya acrylamide? Acrylamide adalah senyawa organik dengan rumus kimia C5H5NO. Senyawa ini berbentuk kristal, berwarna putih, dan tidak berbau. Senyawa ini mudah larut dalam air, etanol, ether, atau klorofom. Senyawa ini juga mudah terurai menjadi ammonia, nitrogen oksida, karbon dioksia, dan karbon monoksida.

Makanan gosong dapat menyebabkan kanker- Mutasi DNA akan muncul saat tubuh bereaksi dengan acrylamide. Karena itu, berhati-hatilah terhadap makanan berkarbohidrat tinggi seperti kentang, jagung, roti, dan tepung yang dimasak dengan cara digoreng, dipanggang, atau dibakar pada suhu lebih dari 120 derajat Celsius.

 Untuk mengantisipasinya, memasaklah dengan suhu yang rendah dan hindari proses yang memakan waktu lama. Selain itu, Anda dapat mengurangi penumpukan acrylamide pada kentang dengan cara merendamnya selama 2 jam sebelum menggorengnya.

Jadi, setelah mengetahui makanan gosong dapat menyebabkan kanker. Sebaiknya, mulai sekarang perhatikanlah cara memasak Anda, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Ingat, mengurangi acrylamide bukan berarti menghindari jenis makanan tersebut.

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

Comments are closed.