Hati-hati! Ini Dia 7 Penyebab Kanker Lambung

Penyebab kanker lambung

GoDok- Penyebab Kanker Lambung- Memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit sudah pasti menjadi impian setiap orang. Malahan, banyak yang kemudian berpendirian bahwa, “untuk apa punya kekayaan melimpah jika tubuh sakit-sakitan?”. Namun, karena terbatasnya pengetahuan, kita acapkali tidak bisa terhindar dari risiko terkena penyakit tertentu ; kanker lambung salah satunya. Tidak ingin penyakit mematikan ini menimpa Anda atau keluarga, bukan?

Yuk, segera kenali dan hindari 7 penyebab kanker lambung berikut ini!

1. Infeksi kuman

Penyebab kanker lambung yang pertama adalah infeksi kuman Helicobacter pylori. Kuman yang juga ditenggarai sebagai dalang dari penyakit Ulkus duodenalis ini terbukti dapat menyerang siapa saja, tidak peduli usia maupun jenis kelamin.

Namun, perlu diketahui bahwa lingkungan sekitar yang kotor dan tidak terawat ternyata dapat meningkatkan risiko seseorang terinfeksi kuman mengerikan ini. Karenanya, mulai sekarang selalu pastikan kebersihan lingkungan tempat Anda tinggal, ya!

2. Konsumsi makanan tinggi garam

Anda termasuk orang yang menyenangi sajian bercita rasa asin? Hati-hati, sebab hal ini dapat membuat Anda lebih rentan terkena kanker lambung! Faktanya, makanan yang tinggi kandungan garamnya terbukti banyak mengandung senyawa natrium. Nah, senyawa inilah yang dapat mengiritasi lambung sekaligus meningkatkan risiko timbulnya sel kanker. Mengerikan!

3. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang dibakar & gosong

Anda pasti sudah mengetahui bahwa makanan gosong bersifat karsinogenik. Artinya, makanan ini dapat merangsang perkembangan sel abnormal pemicu kanker. Namun, tahukah Anda, bahwa konsumsi berlebih makanan yang dibakar juga membuat Anda rentan terkena kanker?

Penyebabnya tidak lain karena proses pembakaran tidak membuat kuman, bakteri, dan virus mati secara total. Karenanya, tidak heran jika tubuh kemudian menjadi lebih rentan terkena penyakit, seperti kanker lambung.

4. Jarang makan buah & sayur

Penyebab kanker lambung yang selanjutnya adalah kebiasaan makan Anda yang jarang menyertakan konsumsi sayuran dan buah. Padahal, asupan serat, vitamin, dan mineral yang cukup dari sayuran dan buah dapat menjaga fungsi optimal lambung sekaligus menurunkan risiko timbulnya sel kanker. Jadi, masih enggak rutin makan sayur dan buah?

5. Kebiasaan merokok dan minum miras

Tahukah Anda, bahwa kebiasaan merokok dan minum miras dapat turut menjadi penyebab kanker lambung? Nyatanya, dua kebiasaan tadi dapat menyebabkan penumpukan zat berbahaya dalam jaringan tubuh pemicu kanker. Solusinya, segera hentikan -atau kurangi- kebiasaan merokok dan minum miras Anda. Memang, dibutuhkan usaha dan niat ekstra untuk memulainya; namun, bukankah kesehatan sudah seharusnya jadi prioritas utama?

6. Pernicious Anemia

Selanjutnya, kanker lambung juga bisa dipicu oleh kondisi medis tertentu -semisal Pernicious anemia. Singkatnya, istilah Pernicious anemia mengacu pada keadaan di mana tubuh kekurangan sel darah merah akibat terhambatnya proses penyerapan vitamin B12. Hati-hati! Jika tidak segera ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan dan kanker lambung.

7. Radang lambung kronis

Penyebab kanker lambung yang terakhir adalah radang lambung kronis. Karenanya jika Anda atau kerabat terbukti menderita radang lambung, maka segera konsultasikan hal ini ke dokter. Sebab, penanganan radang lambung sejak dinilah yang dipercaya banyak ahli dapat menurunkan risiko Anda terkena kanker lambung.

Itu tadi 7 penyebab kanker lambung yang harus Anda kenali dan hindari. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.