Hati-hati! Ini Dia 7 Makanan Yang Pantang Digunakan Sebagai MPASI!

Makanan yang pantang digunakan sebagai MPASI

GoDok- Makanan yang pantang digunakan sebagai MPASI- Bagi Bunda yang buah hatinya telah memasuki usia 6 bulan, tentu sudah tak asing lagi dengan istilah MPASI, alias Makanan Pengganti ASI. MPASI merupakan makanan padat-halus yang sudah boleh mulai diberikan kepada bayi saat usianya mencapai 6 bulan atau lebih sebagai pendamping ASI. Selain usia, kesiapan bayi dalam menerima MPASI biasanya juga ditunjukkan dengan perilakunya, seperti sudah duduk tegak dan seringkali meniru gerakan memakan dan mengunyah pada benda-benda di sekitarnya. Biasanya, Bunda akan memberikan beragam jenis MPASI, mulai dari sereal, sayur dan buah-buahan tumbuk, hingga biskuit bayi.

Sebelum memutuskan akan memberi makanan apa pada si buah hati, ada baiknya Bunda mengetahui makanan yang pantang digunakan sebagai MPASI berikut ini :

1. Bayam dan wortel

Tahukah bunda ternyata bayam dan wortel merupakan salah satu makanan yang pantang digunakan sebagai MPASI? Sebab keduanya memiliki kandungan nitrat yang tinggi sehingga dikhawatirkan mengakibatkan methemoglobinemia pada bayi. Karenanya, kedua makanan tersebut tak dianjurkan untuk anak berusia di bawah 1 tahun.

2. Buah bit

Sama halnya dengan bayam dan wortel, buah bit juga dikatakan memiliki kandungan nitrat yang tinggi, sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak berusia di bawah 1 tahun, meskipun telah dihaluskan.

3. Kacang-kacangan utuh

Biasanya, bayi yang sudah berusia 10 – 12 bulan mulai suka memegang sendiri makanannya, lalu memasukkannya ke dalam mulut. Nah, hal ini akan berbahaya jika makanan si buah hati adalah kacang-kacangan bulat utuh, karena dapat membuatnya tersedak. Meskipun bernutrisi tinggi, ada baiknya Anda berkonsultasi pada dokter untuk menghindari terjadinya alergi dan menghaluskan terlebih dahulu kacang-kacangan tersebut.

4. Madu

Makanan yang pantang digunakan sebagai MPASI selanjutnya adalah madu, meskipun rasanya yang manis dan khasiatnya yang tinggi menjadikan madu favorit banyak orang, namun bagi bayi di bawah 1 tahun, madu bisa saja berbahaya. Hal ini dikarenakan madu mengandung spora botulisme yang bisa menimbulkan gangguan pada pencernaan si kecil. Karenanya, hindari dulu madu sebagai MPASI di tahun pertama, ya!

5. Garam dan gula

Tahukah Anda bahwa kedua bumbu makanan ini sangat tidak dianjurkan dalam meracik MPASI? Pasalnya, garam dan gula menghalangi si kecil dalam mengenal rasa asli setiap makanan. Di masa depan, hal ini bisa membuat anak Anda rewel dan pilih-pilih makanan, terutama makanan yang tidak terasa manis maupun asin. Repot nantinya? Tentu saja.

6. Makanan kalengan dan berpengawet

Harus Bunda tahu, bahwa makanan kalengan, seperti kornet, sardin, dan lainnya mengandung pengawet dan kadar garam yang tinggi. Kedua hal inilah yang menyebabkannya menjadi makanan yang pantang digunakan sebagai MPASI untuk si buah hati Anda.

7. Putih telur

Makanan yang pantang digunakan sebagai MPASI yang terakhir adalah putih telur. Mengapa? Sementara kuning telur justru dikatakan sehat untuk tubuh, bagian putih telur justru tidak dianjurkan untuk anak di bawah 1 tahun. Tak hanya itu, kuning telur yang mentah maupun setengah matang juga harus Bunda hindari sebagai MPASI.

Nah, itu dia 7 Makanan yang pantang digunakan sebagai MPASI bagi bayi yang berusia di bawah 1 tahun. Jangan sampai lengah ya, Bunda! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.