Hati-Hati! 7 Kebiasaan di Kantor Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Anda!

Kebiasaan di kantor

GoDok Kebiasaan di kantor- Bagi Anda yang bekerja di ibukota, kadang rutinitas sehari-hari membuat Anda mengesampingkan masalah kesehatan tubuh. Alasannya tentu beragam, mulai dari adanya deadline, banyak tugas, lelah, hingga tidak punya waktu. Apalagi setelah bekerja 8 jam penuh di kantor, yang Anda inginkan saat pulang hanyalah beristirahat. Waktu libur terkadang Anda lakukan untuk berkumpul dengan keluarga atau memanjakan diri dengan membaca buku, menonton, atau pergi ke salon. Duh, kapan sempatnya mengurus badan sendiri?

Terlebih lagi, karena bekerja kantoran, biasanya secara tidak sadar Anda mengembangkan beberapa kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan. Nah, lho. Apa sajakah kebiasaan tersebut?

Untuk menghindarinya, yuk simak daftar kebiasaan di kantor yang mengganggu kesehatan berikut ini :

1. Melewatkan sarapan

Bagi Anda yang bertempat tinggal jauh dari kantor, tentu Anda harus bangun lebih pagi dan jika telat sedikit, harus buru-buru berangkat ke kantor untuk menghindari macet. Dengan rutinitas pagi seperti ini, alhasil banyak karyawan yang mengabaikan sarapan. Lho, memangnya kenapa jika tidak sarapan? Tentunya Anda akan merasa lesu dan tidak berenergi saat bekerja. Sebab, sarapan berfungsi untuk memberikanmu energi dan membuat otak bekerja lebih maksimal. Jadi, jangan sampai lupa sarapan ya! Dan perhatikan pula menu sarapan Anda, hindari makanan berat dan mengandung lemak karena akan membuat Anda lesu.

2. Selalu duduk

Terkadang, Anda menjadi kelewat serius dalam mengerjakan tugas di kantor sehingga secara tidak sadar, Anda terus-terusan duduk. Hal ini gawat, sebab terlalu lama duduk dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, yang salah satunya adalah penyakit jantung. Selain itu, tubuh dan otak Anda juga butuh istirahat dan sesuatu yang segar untuk meningkatkan kinerjanya lagi. Selain itu, duduk terus selama beberapa jam dapat mengakibatkan pembekuan darah di bagian vena kaki. Pembekuan darah tersebut bisa saja terlepas dan membawa aliran darah ke paru-paru. Alhasil anda akan mengalami embolisme paru-paru yang mengancam nyawa. Nah untuk mengatasi hal ini, berjalanlah di sekitar meja selama 5 atau 10 menit setiap jamnya.

3. Postur duduk yang salah

Anda yang berkerja di kantoran pasti sering mencondongkan badan ke komputer. Ini adalah postur duduk yang salah dan lama kelamaan, Anda akan merasa nyeri serta pegal pada leher sebab otot leher menjadi tegang dan terjadi ketidakseimbangan permanen di tulang leher. Nah, jika sudah duduk terlalu lama, Anda mungkin tidak akan sadar bahwa postur duduk Anda   tidaklah bagus untuk kesehatan tubuh. Padahal, hal tersebut bisa saja merusak saraf tubuh. Lalu, bagaimana postur duduk yang benar? Duduklah dengan tegak dan lurus saat bekerja.  Beristirahatlah sejenak untuk menghindari sakit leher tersebut.

4. Malas keluar kantor

Terkadang, cuaca yang panas atau terlalu asyik dalam mengerjakan tugas bisa membuat Anda malas untuk keluar kantor, bahkan hanya untuk sekadar makan siang. Jangan biasakan hal ini ya, sebab sedikit-banyak  Keluarlah dari gedung kantor sebanyak 2 kali selama 8 jam bekerja, apalagi jika lingkungan kerja Anda menggunakan AC. Selain itu, konsumsilah Vitamin D agar badan tetap fit.

5. Multitasking

Meskipun mungkin Anda terlihat hebat saat melakukannya, namun sejatinya multitasking tidaklah baik dalam bekerja. Sebaliknya, lebih baik fokuslah ke satu pekerjaan saja terlebih dahulu. Sebab, multitasking hanya akan membuat Anda stres dan menjadi tidak total untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Beri otak Anda sedikit ruang untuk bernapas, ya!

6. Mendengarkan musik

Kebosanan dan rasa ngantuk merupakan dua hal yang pasti Anda alami jika bekerja di kantoran. Untuk menghindarinya, Anda membutuhkan sesuatu yang fresh, salah satunya adalah dengan mendengarkan musik. Namun, janganlah mendengarkan musik sepanjang hari apalagi dengan menggunakan headset atau headphone karena akan merusak telinga. Dengarkan musik saat bekerja dalam batas dan volume sewajarnya, ya!

7. Sedikit minum air putih

Ketika Anda sedang asyik mengerjakan sesuatu, akuilah bahwa Anda terkadang menjadi lupa untuk minum. Awas! Jangan sampai Anda terkena dehidrasi yang membuat sirkulasi darah berantakan dan tubuh lemas. Karenanya, biasakanlah untuk minum setidaknya satu jam sekali saat sedang bekerja.

Jika Anda memang memiliki salah satu dari tujuh kebiasaan di atas, yuk ubah dan perbaiki dari sekarang. Sebab, kesehatan Anda ke depannya akan bergantung pada perubahan ini. Selamat mencoba!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.