Hati-hati! 6 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebab Keputihan

Penyebab keputihan

GoDok- Penyebab keputihan- Wanita mana yang tak pernah mengalami keputihan? Cairan putih bening serupa ingus yang kerap keluar dari vagina Anda ini merupakan hal yang lumrah bagi seorang wanita. Seringkali, keputihan muncul beberapa saat sebelum masa menstruasi Anda dimulai, dan karenanya bisa menjadi penanda bahwa datang bulan sudah dekat.

Namun, tahukah Anda bahwa keputihan yang terlalu banyak, atau yang berubah warna bisa menjadi tanda vagina Anda tidak sehat? Tak hanya itu, keputihan yang terlalu banyak dan terlalu sering (tidak pada waktu akan datang bulan) bisa dikatakan tidak sehat. Hal ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari, lho! Apa sajakah kebiasaan yang dimaksud?

Yuk, simak daftar lengkap penyebab keputihan berikut ini!

1. Memakai celana dalam terlalu ketat

Banyak yang tidak tahu bahwa memakai pakaian dalam terlalu ketat bisa menjadi penyebab keputihan yang berlebihan. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan keluarnya keringat secara berlebihan di wilayah vagina. Akibatnya, vagina Anda menjadi lebih lembap dari seharusnya, yang menyebabkan kuman semakin mudah berkembang biak. Karenanya, Anda disarankan untuk memakai celana dalam berbahan lembut dan menyerap keringat. Ingat, jangan terlalu ketat, ya!

2. Salah membilas vagina

Tahukah Anda bahwa cara yang salah dalam membilas vagina juga dapat menjadi penyebab terjadinya keputihan? banyak dari Anda yang salah kaprah dan membilas vagina dengan cara yang salah. Perlu Anda ketahui bahwa cara yang benar adalah dengan membilas dari arah vagina, ke bagian belakang, yaitu ke arah anus. Pastikan pula Anda menggunakan air bersih, dan tidak terlalu banyak menggosokkan tissue untuk mengeringkannya, ya!

3. Penggunaan cairan pembersih

Tentu banyak dari Anda yang kerap menggunakan sabun pembersih guna membersihkan vagina. Hal ini bukannya tidak boleh, hanya saja Anda harus memilih sabun pembersih dengan pH yang tepat, yaitu yang memiliki pH sama dengan vagina (3,8 – 4,5). Jika tidak, cairan pembersih bisa saja justru mematikan bakteri baik di vagina yang berperan penting dalam menjaga kesehatan alat kelamin Anda.

4. Malas mengganti pembalut

Selanjutnya, penyebab keputihan adalah malas mengganti pembalut. Saat sedang datang bulan, Anda tentu akan merasa pegal, bahkan nyeri hingga sangat malas untuk bergerak. Hasilnya, untuk mengganti pembalut pun Anda akan ogah-ogahan. Hati-hati! Kebiasaan ini justru bisa menyebabkan vagina menjadi sarang bakteri dan memicu keputihan berlebih. Pasalnya, organ intim Anda akan menjadi lembap dan sering bergesekan dengan permukaan pembalut sehingga menyebabkan iritasi. Karenanya, Anda disarankan untuk mengganti pembalut dalam jangka waktu 4 – 8 jam sekali, atau setiap sehabis buang air kecil guna menghindari lembapnya bagian vagina.

5. Tidak menggunakan kondom dan menjaga kebersihan saat berhubungan seksual

Khusus bagi Anda yang telah menikah, ada baiknya untuk sesekali menggunakan kondom saat berhubungan seksual, untuk mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi pada vagina. Pasalnya, iritasi ini juga akan meningkatkan frekuensi keputihan Anda. Tak hanya itu, Anda juga disarankan untuk selalu mencuci bersih vagina setelah berhubungan intim. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko masuknya bakteri ke dalam vagina.

6. Bekerja terlalu lelah

Kebiasaan penyebab keputihan yang terakhir adalah bekerja terlalu lelah. Pasalnya, hal ini dapat membuat Anda stres dan tertekan, yang mana merupakan salah satu pemicu terjadinya keputihan berlebihan. Jadi, lebih baik jaga stamina Anda dan selalu beristirahat dengan cukup, ya!

Nah, itulah 6 kebiasaan sehari-hari yang tanpa Anda sadari dapat menjadi penyebab keputihan terus-menerus. Selalu jaga kesehatan organ intim Anda, dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya di sini.