Hamil 9 Bulan? Maka, Jangan Lewatkan Kebiasaan Baik Ini!

Hamil 9 bulan

GoDok- Hamil 9 Bulan- Kehamilan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Apalagi jika kandungan sudah mencapai usia 9 bulan; duh, rasanya sudah tidak sabar menanti kehadiran si jabang bayi! Nah, mendekati proses persalinan, ternyata terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil, lho! Penasaran?

Yuk, simak persiapan hamil 9 bulan berikut ini!

1. Hindari stres

Ketika hamil 9 bulan, satu hal yang harus diingat oleh para calon ibu; hindari stres! Alasannya tidak lain karena stres terbukti dapat memicu kontraksi prematur. Tentunya, Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi, bukan?

Solusinya, ibu hamil dapat mencoba berbagai alternatif relaksasi untuk menghilangkan ketegangan, seperti mendengarkan musik berirama lembut, mencoba meditasi, hingga menghirup aromaterapi. Mudah, bukan?

2. Jangan lupa berolahraga ringan, ya!

Banyak yang percaya bahwa ibu hamil dilarang berolahraga sama sekali. Dalihnya adalah karena gerakan olahraga dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Benarkah seperti itu? Salah. Faktanya, ibu hamil justru diharuskan untuk rutin berolahraga ringan -seperti jalan santai atau berenang. Tujuannya tidak lain adalah untuk menguatkan otot-otot perut menjelang proses persalinan nanti.

3. Waspadai bengkak berlebih

Hal lainnya yang harus diperhatikan ketika hamil 9 bulan adalah pembengkakan beberapa bagian tubuh. Lho, bukannya bengkak pada ibu hamil merupakan hal yang lumrah?

Memang, pembengkakan -khususnya di kaki- merupakan hal yang lumrah dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya tidak lain karena penumpukan cairan yang dipicu oleh semakian besarnya ukuran janin. Namun, jika bengkak tidak kunjung mereda, maka segera konsultasikan kesehatan Anda dengan dokter. Karena kondisi tadi bisa menjadi pertanda adanya komplikasi kehamilan, seperti pre-eklamsia, toksemia, atau Pregnancy Induced Hypertension (PIH).

4. Rutin periksakan diri ke dokter

Dengan semakin bertambahnya usia kehamilan, maka Anda semakin diharuskan untuk rutin memeriksakan kesehatan diri dan janin ke dokter. Alasannya karena di masa kehamilan ini, calon ibu sangat rentan terkena komplikasi kehamilan, seperti anemia, Intrauterine Growth Restriction (IGR), serta diabetes gestasional.

Selain itu, dengan rutin memeriksakan diri ke dokter, Anda dapat mengetahui perkiraan tanggal persalinan, perkembangan terakhir janin, hingga hal apa yang harus dipersiapkan menjelang kelahiran jabang bayi.

5. Cukupi kebutuhan tidur

Ini dia hal yang sering dilupakan oleh pasangan yang tengah menanti kelahiran bayi; kualitas dan jam tidur ibu hamil. Padahal, pola tidur yang baik terbukti dapat membuat ibu lebih rileks dan siap menyongsong persalinan, lho!

Karenanya, yuk, segera perbaiki pola tidur Anda dengan menetapkan jadwal tetap yang harus dipatuhi setiap hari! Selain itu, hindari pula kebiasaan mengonsumsi makanan berat -seperti nasi atau mie- sebelum waktu tidur. Alasannya karena hal ini justru akan membuat ibu merasa sesak sehingga lebih susah terlelap.

6. Harus siaga!

Ketika hamil 9 bulan, maka ibu akan sering merasakan kontraksi palsu. Tidak usah takut! Sebab, hal ini normal terjadi. Menjelang proses persalinan, leher rahim akan perlahan merenggang. Inilah yang ditenggarai sebaagi penyebab seringnya muncul sensasi mulas dan nyeri khas persalinan.

Namun, ingat! Jika mulas dan nyeri semakin tidak tertahankan -apalagi jika diikuti dengan pecahnya air ketuban-, maka suami dan keluarga harus segara siap dan siaga membawa ibu hamil ke rumah sakit terdekat. Kenapa? Karena hal tersebut merupakan pertanda proses persalinan akan terjadi dalam waktu yang sangat dekat.

Itu tadi sekelumit penejalasan mengenai apa saja yang harus dipersiapkan ketika hamil 9 bulan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.