Gusi Bernanah; Penyebab, Gejala dan Penanganan

gusi bernanah

Gusi bernanah adalah suatu kondisi yang harus segera ditangani karena tidak akan sembuh dengan sendirinya dan bahkan akan semakin buruk jika tidak segera ditangani, maka itu janganlah mengabaikannya!

Go Dok- Pernahkah Anda mengalami gusi bernanah? Nanah, atau juga dapat disebut sebagai abses, dapat terasa sangat sakit bagi penderitanya dan dapat berkembang dengan sangat cepat. Agar dapat memahami, mencegah dan menangani gusi bernanah.

Yuk, simak penyebab, gejala dan penanganan gusi bernanah berikut ini!

Penyebab

Nanah pada gusi biasanya disebabkan oleh infeksi yang terjadi di sekitar gigi. Nanah pada gusi terbentuk sangat cepat, biasanya 1-2 hari setelah infeksi terjadi. Pada umumnya nanah yang terjadi di sekitar gusi dapat terbagi menjadi dua:

  • Nanah/abses gusi. Biasanya disebabkan oleh infeksi yang terjadi di antara gigi gan gusi. Infeksi dapat terjadi setelah makanan tersangkut di antara gusi dan gigi. Untuk membedakan antara abses gusi dan abses gigi, biasanya abses gusi muncul pada gigi geligi yang relatif sehat (tidak bolong atau rusak).
  • Nanah/abses gigi. Biasanya disebabkan oleh gigi yang berlubang dan tidak diberikan perawatan. Pada kasus ini, biasanya nanah akan muncul pada daerah ujung akar gigi. Abses gigi biasanya muncul pada gusi di daerah ujung akar gigi.
Gejala

Gejala-gejala yang dialami saat gusi bernanah sangat membuat tidak nyaman penderitanya, gejala gusi bernanah antara lain adalah:

  • Rasa sakit yang hebat dan berdenyut pada daerah gigi atau gusi yang terkena infeksi. Dapat muncul secara tiba-tiba dan bertambah buruk seiring waktu
  • Rasa sakit yang menyebar ke daerah telinga, rahang dan leher pada sisi yang sama dengan gigi yang terinfeksi
  • Rasa sakit yang bertambah buruk saat posisi tidur sehingga dapat mengganggu tidur penderita
  • Bengkak dan kemerahan pada daerah muka
  • Gigi goyang dan berubah warna
  • Gusi yang bengkak, licin dan memerah
  • Sensitif terhadap makanan dan minuman yang dingin atau panas
  • Bau nafas dan rasa yang tidak enak di dalam mulut.

Pada beberapa kasus di mana infeksi telah menyebar, beberapa penderita dapat terkena demam. Jika nanah yang dialami cukup parah, beberapa orang dapat sulit untuk sekedar membuka mulut atau bahkan bernafas.

Penanganan

Gusi bernanah adalah suatu kondisi yang harus segera ditangani karena tidak akan sembuh dengan sendirinya dan bahkan akan semakin buruk jika tidak segera ditangani, maka itu janganlah mengabaikan gejala-gejala yang muncul.

Penanganan gusi bernanah harus dilakukan oleh dokter gigi agar nanah dapat dihilangkan secara menyeluruh. Namun, Anda dapat melakukan pertolongan pertama jika Anda mengalaminya. Jika Anda menemukan pembengkakan seperti jerawat pada gusi Anda, segeralah berkumur dengan air garam (1/2 sendok teh garam dicampur dengan segelas air putih). Dengan melakukan ini, nanah akan keluar dari daerah yang bengkak dan akan meringankan tekanan dan rasa sakit yang Anda alami.

Jika rasa sakit tidak berkurang setelah berkumur dengan air garam, jangan urungkan niat untuk segera berkunjung ke dokter gigi. Dokter gigi akan menangani gusi bernanah yang Anda alami secara menyeluruh. Berikut adalah penanganan yang akan dilakukan dokter gigi:

  • Daerah di sekitar gusi bernanah akan dibersihkan seluruhnya
  • Mengeluarkan nanah
  • Menangani infeksi yang menjadi penyebab gusi bernanah.

Dokter gigi akan menyarankan bahwa pencabutan gigi perlu dilakukan jika kerusakan yang disebabkan oleh nanah gusi cukup parah. Dokter gigi juga dapat menyarankan penambalan gigi jika nanah berasal dari gigi itu sendiri, dengan cara membuat lubang pada gigi yang terlibat agar menjadi jalan keluar nanah.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.