Granola, Tren Makanan Kekinian dengan Sejuta Manfaat

granola
Granola memberikan Anda 4 gram asam lemak tidak jenuh tunggal dan 4 gram asam lemak tidak jenuh ganda. Sehingga, dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menstabilkan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

GoDok – Granola- Jagat media sosial kembali diramaikan dengan tren makanan sehat Granola, yaitu makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah kering. Karena kandungan utamanya adalah oat dan kacang-kacangan, membuat jenis makanan yang satu ini kaya akan serat yang mempunyai manfaat baik bagi tubuh, seperti melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, mengontrol kadar gula darah, dan membantu turunkan kolesterol.

Pada dasarnya satu porsi granola memberikan Anda 4 gram asam lemak tidak jenuh tunggal dan 4 gram asam lemak tidak jenuh ganda. Nah, keduanya inilah dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menstabilkan tekanan darah dan mengurangi peradangan. Asam lemak omega 3-nya juga dipercaya sangat baik untuk kesehatan otak. Tak hanya itu, granola ternyata juga mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin E, tiamin, asam folat, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan dan selenium.

(Baca: Yuk, Cegah Kolesterol Jahat dengan Pola Hidup Sehat Berikut!)

Ada yang harus Anda perhatikan dalam memilih produk granola yang akan dibeli, sebaiknya pilihlan produk yang terbuat dari gula alami dan tidak mengandung lemak jenuh. Selanjutnya perhatikan juga kandungan seratnya, setidaknya mengandung 20% dari nilai harian serat yang direkomendasikan. Selain itu, ada baiknya Anda juga memperhatikan kandungan lemak dan kalori yang terkandung di dalamnya.

(Baca: Ragu Mengonsumsi Oatmeal? Kenali Dulu Manfaatnya Bagi Kesehatan!)

Karena banyaknya manfaat, tak heran menjadikan granola dilirik sebagai jenis bahan baru yang banyak diolah oleh banyak kafe keninian. Ada banyak cara untuk menikmati granola seperti dengan menambahkan aneka pemanis seperti sirup, madu, susu kental manis, hingga gula. Uniknya lagi Anda juga dapat menambahkan irisan buah favorit seperti kiwi, strawberi, jeruk, cherry, buah naga, dan melon. Bagi penggemar makanan dingin, Anda juga dapat menambahkan es krim dan lelehan cokelat rendah kalori di atas semangkuk granola favorit. Kalau Anda, punya racikan seru lain dalam menikmati granola? Jangan malu untuk share di sini ya!