Gluten: Apa itu? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

gluten
Gluten merupakan jenis protein yang banyak terkandung dalam sari pati beberapa jenis tumbuhan, seperti gandum dan jelai (barley).

GoDok- Gluten- Pernahkah Anda melihat makanan yang dilabeli ‘gluten free’? Akrabkah Anda dengan maknanya? Daripada menebak-nebak, ada baiknya Anda cari tahu apa itu gluten lewat penjelasan khas Go Dok berikut ini!

Apa itu gluten?

Pasca melihat makanan yang dilabeli istilah ‘gluten free’, mungkin akan terlintas di benak sebuah pertanyaan penting, yaitu “Apa itu gluten?”.

Singkatnya, gluten merupakan jenis protein yang banyak terkandung dalam sari pati beberapa jenis tumbuhan, seperti gandum dan jelai (barley). Dalam perkembangannya, gluten kini banyak digunakan dalam industri makanan, khususnya dalam proses pembuatan imitasi daging (banyak disajikan bagi para vegetarian). Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa jenis protein ini dapat dimodifikasi menjadi bahan pelengkap makanan yang memberikan efek kenyal, mengembang, dan kedap udara.

Namun, tahukah Anda, bahwa ada beberapa orang yang didiagnosa secara medis tidak bisa mengonsumsi makanan ber-gluten? Ya, penyebanya tidak lain karena individu terkait terbukti menderita penyakit autoimun ‘celiac disease’. Pada pasien dengan kondisi ini, asupan gluten dapat membuat kerja dan fungsi usus kecil mereka terhambat. Dampaknya, tubuh akan menunjukkan beberapa gejala khas, seperti:

  • Perut terasa sakit dan kembung
  • Diare
  • Tubuh mudah lelah, terkadang disertai penurunan berat badan
  • Risiko terkena komplikasi lain, seperti osteoporosis, kekurangan zat besi dan vitamin B12, hingga kemungkinan terkena kanker usus.
Ini dia makanan yang mengandung gluten

Setelah menyimak penjelasan lengkap mengenai apa itu gluten dan akibatnya jika sampai dikonsumsi oleh penderita celiac disease, ada baiknya Anda juga simak daftar lengkap makanan yang banyak mengandung gluten:

  1. Mie, karena umumnya terbuat dari tepung terigu, bisa dipastikan bahwa mie mengandung gluten. Ada cara mudah untuk mengetahui kadarnya dalam mie; semakin keras tekstur mie, maka semakin banyak pula gluten yang terkandung di dalamnya.
  2. Roti,meskipun kini telah dijual roti yang terbuat dari tepung beras, namun kebanyakan roti yang Anda temukan terbuat dari gandum atau jelai.
  3. Pasta, panganan khas negeri Italia ini kerapkali menduduki peringkat teratas makanan yang harus dihindari oleh penderita celiac disease.
  4. Kue & biskuit, meskipun terkenal lezat, namun kudapan jenis ini harus dihindari oleh penderita celiac diseasekarena umumnya terbuat dari tepung terigu dan/atau tepung gandum.
Haruskah saya menghindari gluten?

Lantas, haruskah Anda yang tidak menderita celiac disease turut menghindari makanan yang mengandung gluten? Jawabannya, tidak! Sebab, banyak studi mengungkapkan bahwa makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Lebih lanjut, keputusan untuk menghindarinya juga membuat Anda rentan kekurangan beragam nutrisi penting, semisal magnesium, serat, zinc, zat besi, dan kalsium.

Itu tadi sekelumit penjelasan mengenai makanan yang mengandung protein ini, serta dampak bagi kesehatan jika Anda memutuskan untuk berhenti mengonsumsinya tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.