Gigi Anda Berwarna Kuning? Atasi dengan Cara Ini

www.go-dok.com

Memiliki gigi yang putih bersih sudah tentu jadi dambaan setiap orang, khususnya kaum wanita. Bagaimana tidak, memiliki gigi putih bak mutiara tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri, tapi juga dapat membuat tampilan Anda terlihat lebih menarik. Sebaliknya, gigi yang berwarna kuning atau kecokelatan akan membuat Anda segan untuk memberi senyuman, khususnya ketika bertemu dengan kenalan baru. Iya, kan?

Sebenarnya, perubahan warna pada gigi merupakan hal yang alami terjadi. Selain disebabkan oleh perubahan struktur gigi sendiri, perubahan warna menjadi kuning atau kecoklatan juga dikarenakan kebiasaan sehari-hari, seperti konsumsi teh, kopi, atau rokok berlebih. Nah, faktor-faktor tersebutlah yang akhirnya memicu timbulnya plak pada gigi sehingga warna putihnya perlahan memudar. Eits, jangan anggap sepele kondisi ini, lho! Karena jika tidak dibersihkan, plak akan mengeras hingga akhirnya terbentuklah karang gigi. Lalu, adakah cara agar gigi kembali putih bersih? Berikut beberapa solusi yang dapat Anda coba:

1. Dental Polisihing(Poles Gigi)

Poles gigi merupakan prosedur memutihkan gigi yang menguning akibat plak, karang gigi, tambalan gigi yang sudah lama, atau makanan dan minuman yang mengandung pewarna buatan. Ingat, ya! Dental polishing hanya dapat dilakukan di klinik dokter gigi karena melibatkan berbagai tindakan medis, seperti mengoleskan bahan tertentu untuk menghilangkan warna kuning atau cokelat pada gigi, penggunaan bur, hingga pengaplikasian flour agar gigi kuat dan terlihat putih alami.

2. Bleaching

Untuk opsi yang satu ini, Anda dapat memilih untuk melakukannya sendiri atau pergi ke dokter gigi. Jika ingin melakukan prosedur bleaching  di rumah, maka Anda dapat membeli produk bleaching yang banyak dijual di pasaran. Cara penggunaannya cukup mudah, kok!  Anda hanya perlu mengenakan cetakan yang terlebih dahulu sudah diolesi gel pemutih. Gel ini digadang-gadang dapat menghilangkan warna kuning pada gigi.

Cara kedua, dan yang paling aman, adalah dengan memilih bleaching di klinik dokter gigi. Rata-rata, prosedur bleaching di klinik gigi akan memakan waktu antara 90 – 100 menit. Namun, semuanya akan terbayar sebab gigi akan terlihat 8x lipat lebih putih. Mau?

3. Veneer

Teknik ini umum digunakan pada pasien yang giginya berwarna kuning akibat penggunaan antibiotik jenis tetrasiklin. Veneer sendiri merupakan teknik pemulihan warna putih pada gigi yang dilakukan dengan menggunakan bahan porselen sebagai tambalan. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan gigi yang terlihat putih berkilau dalam waktu yang cepat.

Jadi, tertarik untuk mengembalikan kilau alami gigi? Pilih dengan bijak prosedur mana yang akan Anda coba, ya!