Gejala Tumor Payudara yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

gejala tumor payudara

Go Dok- Gejala tumor payudara- Para kaum Hawa, pernahkah Anda merasakan adanya suatu benjolan di area payudara? Jika pernah, jangan remehkan kondisi ini. Pasalnya, meskipun ada benjolan yang jinak dan tidak berdampak apapun, namun ada pula benjolan yang sebenarnya merupakan tumor. Ya, tumor memang dapat tumbuh di payudara Anda, dan memang sebagian tumor ini sifatnya jinak (non-kanker). Namun, ternyata ada pula yang merupakan cikal bakal kanker payudara. Karenanya, yuk kenali gejala tumor payudara demi kesehatan organ vital yang satu ini!

Apa itu tumor payudara?

Tumor payudara merupakan sejumlah jaringan yang tumbuh secara tidak normal di area payudara Anda. Sejatinya, ada dua jenis tumor payudara yang dibedakan berdasarkan tingkat keganasannya, yaitu :

  • Tumor jinak, yaitu jenis tumor yang umumnya tidak tumbuh agresif di jaringan sekelilingnya. Namun, meskipun jinak, tumor ini biasanya akan terus tumbuh dan menekan organ-organ sekitarnya sehingga kadang menimbulkan rasa sakit dan masalah lainnya. Jika hal ini terjadi, dokter bisa menghilangkannya dengan cara operasi.

  • Tumor ganas, yaitu jenis tumor yang pertumbuhannya agresif dan bisa menyerang serta merusak jaringan-jaringan di sekelilingnya. Jenis ini harus Anda waspadai, karena bisa bersifat menimbulkan kanker.
Lalu, apa saja gejala tumor payudara?

Sejatinya, tumor payudara memiliki beragam jenis. Dan gejala tumor payudara juga berbeda berdasarkan jenis tumor yang Anda alami. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa di antaranya :

1. Fibrodenomas

Tumor payudara yang satu ini merupakan jenis tumor jinak yang paling umum dan sering menyerang perempuan yang berusia di antara 20 – 30 tahun. Gejala tumor payudara ini adalah tidak ada rasa sakit yang menyertainya. Ditambah lagi, jika ditekan, benjolan tumor ini akan terasa padat, elastis, kerap berpindah-pindah, dan bundar seperti bentuk kelereng. Bentuknya akan dengan mudah terasa berbeda dengan jaringan di sekelilingnya. Namun, tidak jarang, tumor ini tidak bisa dirasakan sama sekali. Meskipun sifatnya jinak, namun jika mengalami benjolan dengan kondisi yang telah disebutkan, Anda harus tetap memeriksakan diri ke dokter dan menjalani perawatan.

2. Phyllodes tumor

Tumor jenis ini merupakan jenis yang jarang terjadi dan tergolong langka. Sel-sel tumor ini tumbuh dalam pola atau bentuk yang menyerupai daun. Phyllodes tumor berkembang dengan cepat, namun sangat jarang menyebar keluar area payudara. Hampir semua phyllodes tumor yang terjadi bersifat jinak, meskipun sedikit di antaranya juga bisa bersifat ganas dan menyebabkan kanker. Gejala tumor payudara ini biasanya adalah tidak adanya rasa sakit. Selain itu, benjolannya bisa menimbulkan tonjolan yang jelas terlihat saat ditekan pada kulit.  Jika kasusnya parah, tumor ini bisa menimbulkan luka terbuka pada kulit payudara Anda. Meskipun tidak ada batasan usia, namun tumor ini seringkali terjadi pada wanita berusia di atas 40 tahun.

Nah, itu dia tumor payudara yang dapat tumbuh di area sekitar payudara Anda, beserta gejala tumor payudara yang harus Anda ketahui. Meskipun seringkali bersifat jinak, namun jika Anda mengalami gejala-gejala tumor payudara di atas, segeralah memeriksakan diri ke dokter agar dapat didiagnosis secara tepat dan mendapatkan penanganan yang sesuai. Smeoga bermanfaat!

Baca juga:

Nikmati ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasi Go Dok  di sini.

SF/PJ/MA

Referensi