Gejala Rubella yang Harus Diwaspadai Sejak Dini

Gejala rubella

Go Dok- Gejala Rubella- Penyakit rubella mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Padahal, penyakit yang dikenal juga dengan nama ‘campak Jerman’ ini dapat menyebabkan komplikasi serius, apalagi jika terbukti menginfeksi ibu hamil. Mengapa? Sebab, infeksi rubella dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan sindrom rubella kongenital. Tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Karenanya, simak penjabaran lengkap mengenai 6 gejala rubella berikut ini!

1. Demam & sakit kepala

Gejala rubella pertama yang harus Anda kenali dan waspadai adalah demam dan sakit kepala. Karena dua gejala ini saru dengan ciri penyakit lain, banyak orang yang kemudian menganggapnya sepele. Padahal, demam dan sakit kepala yang bertahan selama 14-21 hari dipercaya banyak ahli sebagai gejala rubella; dan mengharuskan penderitanya untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat dan cepat.

2. Ruam kemerahan

Sealnjutnya, rubella juga umum dicirikan oleh timbulnya bercak mirip ruam yang berwarna kemerahan. Ingat, jangan tunda lagi keputusan Anda untuk berkonsultasi ke dokter jika ruam terlihat bertambah banyak dalam kurun waktu kurang dari 4 hari! Mengapa? Sebab, semakin lama rubella dibiarkan, semakin kompleks pula pengobatan yang harus Anda jalani selanjutnya.

3. Pembengkakan kelenjar limfa

Gejala rubella yang selanjutnya adalah membengkaknya kelenjar limfa. Apa itu kelenjar limfa? Kelenjar limfa -juga dikenal dengan sebutan kelenjar getah bening- merupakan kumpulan jaringan yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh manusia.

Ketika terinfeksi penyakit rubella, maka tubuh akan menunjukkan beberapa gejala perlawanan; salah satunya dicirikan dengan membengkaknya kelenjar getah bening yang terletak di bawah rahang, ketika, dan pangkal paha.

4. Nyeri sendi

Persendian tubuh tiba-tiba terasa ngilu dan nyeri? Jangan anggap sepele, karena kondisi ini bisa saja gejala penyakit rubella! Lantas, apa yang harus dilakukan jika Anda terbukti mengalami hal serupa? Selain dengan segera berkonsultasi ke dokter atau rumah sakit terdekat., Anda juga disarankan untuk memperbanyak istirahat serta memperhatikan asupan makanan agar terjaga kandungan gizinya.

5. Mual berlebih

Mual berlebih umumnya merupakan gejala rubella yang tampak pada ibu hamil. Memang, mual dan muntah sangatlah umum dialami oleh wanita yang sedang menjalani masa kandungan -terutama di trimester awal. Tapi, jika mual dan muntah muncul secara berlebihan, maka Anda harus mewaspadainya dengan segera mengonsultasikan kesehatan ke dokter.

Ingat! Semakin lama Anda menunda langkah untuk berkonsultasi, maka semakin berisiko pula janin lahir dengan kondisi yang tidak sempurna? Tentunya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

6. Iritasi mata

Gejala rubella yang terakhir adalah iritasi mata. Meskipun iritasi yang muncul tergolong ringan -umumnya ditandai dengan mata yang terasa gatal, perih, dan sedikit berbayang-, tapi bukan berarti Anda bisa menyepelekannya! Karena iritasi mata yang terjadi selama lebih dari 3 hari dipercaya banyak ahli merupakan salah satu gejala rubella yang patut diwaspadai.

Itu tadi 6 gejala rubella yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.