Gejala Radang Otak yang Dapat Menimpa Anda dan Keluarga!

gejala radang otak

Radang otak -atau yang dikenal juga dengan istilah ‘ensefalitis’- merupakan kondisi medis yang dipicu oleh peradangan pada sistem syaraf pusat (otak) karena infeksi virus. Lalu, apakah gejala radang otak? Yuk, kenali di sini!

GoDok- Gejala radang otak – Beberapa waktu terakhir, publik Indonesia dikejutkan dengan pemberitaan meninggalnya seorang dokter bernama Dionisius Giri Samudra (24). Ternyata, setelah diselidiki lebih lanjut, dokter muda yang tengah menjalankan program pengabdian pada masyarakat di Kepulauan Aru ini meninggal karena radang otak yang bersumber dari infeksi virus campak. Lantas, apa itu radang otak?

Sejatinya, radang otak -atau yang dikenal juga dengan istilah ‘ensefalitis’- merupakan kondisi medis yang dipicu oleh peradangan pada sistem syaraf pusat (otak) karena infeksi virus. Seperti halnya tragedi yang menimpa dr.Dionisius, radang otak yang tidak segera ditangani terbukti dapat merenggut nyawa penderitanya. Tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Yuk, simak 6 gejala radang otak lewat penjelasan lengkap khas Go Dok berikut ini!

1. Sakit kepala hebat

Gejala radang otak yang pertama adalah sakit kepala. Berbeda dengan sakit kepala karena penyakit lain, sakit kepala khas radang otak biasanya timbul dengan frekuensi dan intensitas yang lebih hebat. Tidak heran jika kemudian banyak pasien radang otak yang terjatuh pingsan karena tidak kuat dengan sakit kepala yang mendera.

2. Demam tinggi

Selanjutnya, radang otak juga bisa ditandai dengan demam tinggi. Jika Anda menemui kerabat atau sahabat terdekat mengalami gejala ini, maka segera berikan pertolongan pertama; yaitu dengan mengelap seluruh permukaan tubuhnya dengan lap hangat. Tujuannya tidak lain adalah untuk merangsang keluarnya suhu panas dari dalam tubuh.

3. Muntah-muntah

Selain sakit kepala hebat, pasien radang otak juga biasanya mengeluhkan perut yang terasa mual. Karenanya, tidak heran jika mereka terlihat mondar-mandir ke kamar mandi karena tidak kuat menahan mual dan keinginan untuk memuntahkan isi perutnya.

4. Kejang

Gejala radang otak yang selanjutnya adalah kejang-kejang. Mungkin Anda bertanya-tanya, “Mengapa bisa begitu?”. Ternyata, hal ini dipicu oleh infeksi virus yang menyebabkan kerja dan fungsi otak menjadi terganggu. Dampaknya, selama beberapa saat pasien dapat kehilangan kendali atas fisik dan kemampuan motoriknya.

5. Lumpuh

Ternyata, radang otak juga bisa ditandai dengan lumpuhnya wajah atau bagian tubuh pasien yang lain. Biasanya, fase ini akan diawali terlebih dahulu dengan sensasi kebas dan kelu, lalu diiringi dengan semakin menurunnya kemampuan pasien untuk mengontrol atau menggerakkan bagian tubuh yang dimaksud. Jika sudah begitu, segera bawa pasien ke rumah sakit terdekat demi mendapatkan penangan medis yang cepat dan tepat.

6. Halusinasi dan perubahan kondisi mental

Gejala radang otak yang terakhir adalah timbulnya halusinasi serta berubahnya kondisi mental pasien. Biasanya, dua hal ini terjadi pada kasus radang otak yang telat didiagnosa, atau tidak segera mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Itu tadi 6 gejala radang otak yang harus Anda ketahui. Meskipun termasuk penyakit fatal dan mematikan, namun radang otak sejatinya dapat disembuhkan jika keluarga terdekat pasien berlaku tanggap dan cepat dalam memberikan pertolongan pertama atau penanganan medis lanjutan yang berada di bawah pengawasan dokter. Jadi, jangan sampai lengah, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Hati-hati dengan berbagai penyakit yang mengintai Anda. Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar permasalahannya. Download aplikasinya di sini.