Gejala Kanker Mata, Apa Saja? Cari Tahu di Sini!

Gejala kanker mata

GoDok- Gejala kanker mata- Kanker; nama penyakit yang pastinya akan langsung membuat Anda bergidik. Bagaimana tidak! Selain terkenal mematikan, kanker juga tersohor sebagai penyakit yang belum ditemukan obatnya. Kali ini, Go Dok hadir kembali dengan pembahasan mengenai kanker mata -khususnya gejala yang harus Anda ketahui dan waspadai sejak dini.

Berikut 7 gejala kanker mata yang dimaksud:

1. Mata nyeri dan kemerahan

Gejala kanker mata yang pertama adalah mata yang sering terasa nyeri dan terlihat kemerahan. Memang, dua kondisi tadi dapat terjadi karena alasan lain, seperti mata yang kemasukan debu atau terlalu sering terpapar angin kencang.

Namun, waspadai mata nyeri dan kemerahan yang berlangsung lama; apalagi jika nyeri mulai menjalar ke kepala. Karena hal tersebut merupakan pertanda adanya perkembangan sel abnormal di organ penglihatan Anda.

2. Pupil berwarna putih

Jarang yang mengetahui bahwa perkembangan sel kanker membuat jaringan di belakang mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Akibatnya, pupil secara perlahan akan terlihat memutih. Sssst, kondisi ini akan terlihat lebih kentara jika pasien dipotret menggunakan kamera flash.

3. Iris mata bermasalah

Seperti yang telah Anda ketahui, iris merupakan bagian mata yang berfungsi untuk memantulkan cahaya dari objek yang dipandang. Misal, ketika Anda melihat pisang yang berwarna kuning, maka iris di kedua belah mata akan memantulkan warna kuning juga.

Waspada! Pada penderita kanker mata, iris akan memantulkan warna yang berbeda; meskipun objek yang dipandang sama, lho! Jika Anda atau anggota keluarga mengalami kasus serupa, maka jangan tunda lagi keputusan untuk berkonsultasi ke dokter.

4. Pandangan berkabut

Gejala kanker mata yang selanjutnya adalah pandangan yang terasa berkabut. Memang, pandangan berkabut umum sekali dialami oleh mereka yang baru mengenakan kacamata atau lensa kontak. Namun, jika pandangan terus berkabut -padahal sedang tidak mengenakan lensa apapun-, maka hal ini bisa jadi merupakan pertanda ada yang salah dengan organ penglihatan Anda.

5. Juling

Salah satu komplikasi medis yang diakibatkan oleh kanker mata adalah terganggunya fungsi otot yang menghubungkan mata dengan otak. Akibatnya, gerakan mata yang satu dengan yang lainnya akan terlihat janggal dan berbeda -atau yang masyarakat sebut sebagai juling.

6. Sering merasa silau

Ini dia gejala kanker mata yang khas dan paling mudah dikenali! Ya, mayoritas pasien dengan keluhan ini akan sering merasa silau. Ingat, berbeda dengan silau pada kondisi normal yang banyaknya disebabkan oleh mata yang menatap objek bercahaya, silau karena kanker terjadi bahkan ketika mata menatap objek biasa. Mengejutkan, bukan?

7. Benjolan di kelopak mata

Gejala kanker mata yang terakhir adalah timbulnya benjolan pada kelopak mata. Hal ini bisa jadi merupakan pertanda bahwa terjadi peradangan (inflamasi) pada mata. Peradangan bisa diakibatkan oleh masuknya debu, serangga, atau perkembangan sel abnormal pemicu kanker.

Itu tadi 7 gejala kanker mata yang harus Anda ketahui dan waspadai sejak dini. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.