Gejala Hemofilia yang Harus Dikenali Sejak Dini

Gejala hemofilia

GoDok- Gejala hemofilia- Hemofilia; seberapa akrabkah Anda dengan penyakit yang satu ini? Kondisi medis yang bersifat genetik ini nyatanya menyebabkan pasiennya sering mengalami perdarahan hebat. Lantas, apa penyebab hemofilia? Usut punya usut, kondisi ini disebabkan oleh kurangnya jumlah protein yang  mengakibatkan pembentukan jaringan penahan di sekitar sel darah menjadi terhambat. Mengerikan, bukan?

Yuk, lebih tanggap dengan mengenali 6 gejala hemofilia berikut ini!

1. Mudah mimisan

Gejala hemofilia yang pertama adalah mudahnya pasien mengalami mimisan. Berbeda dengan mimisan akibat trauma atau faktor penyebab lainnya, mimisan akibat hemofilia biasanya berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu volume darah yang dikeluarkan pun cenderung lebih banyak dari kasus mimisan normal.

2. Perdarahan berlebih

Memang, perdarahan sangat umum terjadi. Penyebabnya pun sangat beragam; mulai dari terjatuh, tertusuk benda tajam, dsb. Namun, perdarahan biasanya akan menyusut dengan cepat; apalagi jika luka cepat mendapatkan penanganan, seperti ditetesi obat luka atau diperban.

Tapi, tidak begitu halnya dengan pasien hemofilia. Karena terhambatnya proses pembentukan jaringan penahan, luka akan susah mengering dan darah di sekitarnya susah mengalami pembekuan. Akibatnya, perdarahan akan terjadi cukup lama. Mengerikan, bukan?

3. Bercak darah pada feses atau urin

Selanjutnya, hemofilia juga kerapkali dicirikan dengan ditemukannya bercak darah pada urin atau feses. Nah, jika Anda atau anggota keluarga mengalami hal serupa, maka langsung konsultasikan kesehatan ke dokter atau rumah sakit terdekat.

4. Bengkak dan nyeri pada sendi

Gejala hemofilia yang selanjutnya adalah bengkak dan nyeri pada sendi. Seringnya, kondisi ini disangkutpautkan dengan penyakit rematik, atau rheumatoid arthritis -sebuah penyakit autoimun yang memicu pembengkakan dan peradangan pada sendi tubuh. Namun, siapa sangka bahwa gejala serupa juga umum dialami oleh penderita hemofilia?

Nah, untuk memastikan penyakit apa yang mendalangi bengkak dan nyeri pada sendi, maka ada baiknya untuk langsung konsultasikan kesehatan Anda ke dokter atau rumah sakit. Dengan cara begini, Anda bisa mengetahui langkah penanganan apa yang paling tepat dicoba.

5. Tiba-tiba muncul memar

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan memar yang timbul pasca tubuh terantuk tembok atau benda tumpul lainnya. Tapi, apa jadinya jika memar muncul tanpa alasan tertentu? Sssst, kondisi ini bisa saja menandakan ada yang salah dengan tubuh Anda; salah satunya adalah risiko Anda menderita hemofilia. Karenanya, jangan lengah, ya!

6. Haid berlebih

Gejala hemofilia yang terakhir adalah haid berlebih. Ya, khusus untuk pasien wanita, biasanya mereka mengeluhkan haid yang lama dengan volume darah yang lebih banyak dari kondisi normal. Contohnya adalah sebuah kasus hemofilia yang menimpa seorang wanita di Australia. Ia mengaku bahwa dirinya biasa mengeluarkan 500ml darah hanya dalam kurun waktu 4 hari. Jumlah ini nyatanya 10 kali lebih banyak dari volume darah haid pada umumnya.

Itu tadi 6 gejala hemofilia yang harus dikenali sejak dini. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasinya Go Dok di sini.