Gejala dan Pencegahan Sariawan di Tenggorokan

Gejala dan Pencegahan Sariawan di Tenggorokan

GoDokGejala dan Pencegahan Sariawan di Tenggorokan – Tentunya Anda semua pernah mengalami sariawan di bagian bibir. Rasanya? Jangan ditanya lagi, perihnya pasti bukan main. Biasanya, kondisi ini akan segera Anda tangani  dengan banyak mengonsumsi air putih, buah-buahan, serta pil-pil vitamin C.

Tidak berapa lama, sariawan di bibir pun akan mengecil dan hilang sama sekali. Namun, bagaimana jika sariawan justru muncul di bagian tenggorokan? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan berikut ini!

Apa penjelasan ilmiahnya?

Sariawan yang tumbuh di tenggorokan sebenarnya berasal dari luka yang terbentuk di bagian belakang tenggorokan. Saat kemudian membengkak, jaringan yang terluka ini bisa menutup jalan pernapasan. Jika tidak segera diobati, kondisi ini dapat mengancam kesehatan Anda. Selain itu, luka pada bagian tenggorokan dapat pula memudahkan terjadinya infeksi saluran pernapasan yang ujung-ujungnya juga menyebabkan sariawan pada tenggorokan Anda.

(Baca: Ini Dia Obat Mujarab Untuk Sembuhkan Sariawan!)

Lebih lanjut, penyakit ini dapat pula disebabkan oleh gangguan pada amandel serta gangguan pernafasan lainnya seperti tonsilitis dan faringitis. Dapat juga disebabkan oleh infeksi HIV, infeksi virus EpsteinBarr, virus herpes simpleks, atau oral thrush yaitu infeksi jamur yang disebabkan oleh Candida albicans. Hiii, mendengar sebabnya saja sudah mengerikan, bukan? Maka, waspadailah diri dan keluarga Anda dari terserangnya penyakit ini!

Apa saja sih gejalanya?

Jika mengalami sariawan di tenggorokan, penderita biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti  kesusahan untuk menelan, atau tidak bisa menelan sama sekali. Hal ini dikarenakan munculnya rasa sakit yang amat sangat pada tenggorokan sehingga penderita menjadi sulit untuk menelan hal apapun. Gejala lainnya pada penderita termasuk munculnya bau mulut, batuk kering atau berdahak, kesulitan bernafas, sakit tenggorokan dan kesulitan dalam berbicara. Sebagai tambahan, biasanya juga akan terlihat bercak putih di lidah atau selaput lendir dari mulut yang menandakan tumbuhnya sariawan tersebut.

(Baca: Anda Menderita Bau Mulut? Ini Cara Mengatasinya)

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegahnya?

Nah, tanpa harus menunggu untuk terserang penyakit ini dan mengobatinya, Anda bisa mencegahnya, lho! Bagaimana caranya? Sederhana saja, Anda hanya perlu menjaga pola makan dan hidup Anda secara sehat. Hindarilah makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan kurangilah makanan yang pedas atau berminyak. Pastikan juga Anda mendapatkan cukup vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Jangan merokok dan jangan pernah meremehkan segala jenis penyakit sekecil apapun! Segera konsultasikan pada dokter jika Anda merasakan hal yang janggal di sekitar tenggorokan.

(Baca: Kenali Dampak Buruk Merokok pada Gigi)

Jika sampai terkena penyakit ini, bagaimana perawatan yang tepat?

Jika sampai Anda terinfeksi, penting bagi Anda untuk segera menanganinya. Pergilah ke dokter guna mencaritahu penyebab sariawan dan mendapatkan obat yang dapat meringankannya. Atau cara lainnya, Anda dapat menggunakan obat kumur antiseptik dan parasetamol yang dapat membantu penyembuhan, jika Anda kombinasikan dengan istirahat dan pola makan yang teratur. Selain itu, Anda juga dapat berkumur dengan air garam, kemudian perbanyak makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk dan buah-buahan lainnya. Hindari pula makanan-makanan yang membuat tenggorokan Anda merasa sakit atau nyeri, terutama makanan-makanan yang pedas, asin, berminyak dan keras seperti kerupuk.

(Baca: Daftar Buah yang Kaya akan Vitamin C)

Jadi, sekarang sudah tahu kan tentang sariawan di tenggorokan? Jangan pernah Anda remehkan penyakit seperti sariawan ini sebagai hal yang biasa, ya! Semoga bermanfaat!

Comments are closed.