Gejala Batu Empedu yang Harus Anda Waspadai

Gejala batu empedu

Go Dok- Gejala batu empedu – Istilah ‘batu empedu’ memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Ya, penyakit yang disebabkan oleh tersumbatnya saluran empedu karena kolesterol yang mengkristal ini kerapkali memicu timbulnya rasa sakit yang teramat sangat di area sekitar perut. Ingin tahu apa saja gejala empedu yang lain?

Cari tahu lewat penjelasan lengkap seputar gejala batu empedu khas Go Dok berikut ini:

1. Sakit perut

Gejala batu empedu yang pertama adalah sakit perut yang terjadi secara berulang. Berbeda dengan sakit perut biasa, sakit perut yang diakibatkan oleh adanya penyumbatan pada saluran empedu umumnya bermula dari perut bagian atas, lalu menyebar ke sebalah kiri atau tengah. Selain itu, sakit perut khas batu empedu juga biasanya bertahan agak lama, berkisar antara 1-5 jam.

2. Meningkatnya suhu tubuh

Selanjutnya, gejala batu empedu yaitu meningkatnya suhu tubuh -atau demam. Mengapa hal ini bisa terjadi? Pada dasarnya, demam merupakan tanda dan bentuk perlindungan yang diberikan tubuh sebagai respon terhadap adanya infeksi atau gangguan pada organ tubuh.

3. Terganggunya sistem pencernaan

Pasien batu empedu biasanya mengeluhkan rasa tidak nyaman pada sistem pencernaan mereka. Selain diare berkepanjangan, pasien juga umumnya menunjukkan gejala mual dan muntah. Hati-hati! Karena hampir mirip dengan penyakit maag, banyak pasien batu empedu yang tidak mendapatkan penanganan segera sehingga memicu bertambah parahnya penyakit yang diderita.

4. Gas berlebih

Dijelaskan dalam poin sebelumnya bahwa salah satu gejala batu empedu adalah diare kronis. Nah, dalam kebanyakan kasus, diare pada awalnya ditandai dengan peningkatan jumlah gas dalam perut. Inilah yang membuat pasien awalnya mengeluhkan perut yang sering terasa kembung dan begah.

5. Berubahnya warna tinja & urin

Gejala batu empedu yang selanjutnya adalah berubahnya warna tinja dan feses menjadi lebih pekat. Penyebabnya ditenggarai karena terhambatnya fungsi empedu yang berfungsi untuk membantu sistem pencernaan dan sekresi senyawa buangan.

6. Meningkatnya detak jantung

Tahukah Anda, bahwa salah satu gejala batu emepdu yang paling sering disepelekan pasien adalah meningkatnya detak jantung? Padahal, kondisi ini bisa sangat berbahaya jika menimpa pasien yang sebelumnya memiliki riwayat penyakit jantung.

7. Penyakit kuning

Ini dia gejala batu empedu yang paling khas! Ya, Anda bisa mengobservasi perubahan warna kulit dan bagian putih mata yang terlihat agak kekuningan. Karena alasan inilah, masyarakat biasa menyebut kondisi ini dengan istilah ‘penyakit kuning’.

8. Nyeri setelah mengonsumsi makanan berminyak

Memang terdengar janggal; namun, pada beberapa kasus batu empedu, pasien akan mengeluhkan nyeri di area sekitar perut setiap kali habis mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak dan minyaknya, seperti gorengan. Penyebabnya tidak lain karena asupan lemak terbukti memperparah penyumbatan di saluran empedu.

9. Gemetar dan kebingungan

Gejala batu empedu yang terakhir adalah gemetar dan kebingungan. Usut punya usut, hal ini disebabkan oleh terhambatnya penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Itu tadi 9 gejala batu empedu yang harus Anda ketahui. Jika terbukti mengalami sebagian atau banyak gejala di atas, segera konsultasikan kesehatan Anda ke dokter atau rumah sakit terdekat. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ingin tanya dokter gratis? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ pada aplikasi Go Dok untuk  dapatkan layanan chat dokter, GRATIS! Download aplikasinya di sini.