Game, Cara Seru Relaksasi dan Asah Otak

Asah otak
Ternyata terdapat beberapa game yang berfungsi untuk mengasah otak, seperti tetris dan minesweeper. Kedua jenis game tadi terbukti mampu mencegah penyakit pikun serta meningkatkan kemampuan berlogika dan memecahkan masalah.

GoDok– Asah Otak-  Sebuah studi menyatakan bahwa permainan tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tapi juga baik bagi perkembangan otak, bahkan mampu menekan tingkat stres dan depresi. Menurut Carmen Russoniello, Ph.D., seorang Professor of Recreation and Leisure Studies di East California University, ketidakseimbangan kinerja kedua belah otak dapat memicu depresi. Selanjutnya, ia menyatakan bahwa bermain game komputer dapat mengurangi tingkat stres, meningkatkan mood, serta menyeimbangkan kinerja otak kanan dan otak kiri.

Lebih lanjut, sebuah studi yang melibatkan 3000 orang dewasa meneliti pengaruh bermain game komputer selama 10 tahun. Hasilnya mengejutkan! Mereka yang bermain game asah otak terbukti mampu beraktivitas tanpa mengalami stres yang berarti dibanding mereka yang tidak bermain sama sekali.

Lalu, game seperti apa yang dapat mengurangi stres dan mampu asah otak? Beberapa game komputer seperti ‘Bubble Tanks’, ‘Flowerz’, dan ‘Bejeweled Twist’ terbukti baik bagi otak karena dapat meningkatkan mood dan merelaksasi otak. Struktur utama game yang repetitif, mudah, dan menggunakan sistem reward untuk setiap babaknya ternyata mampu merangsang perasaan bahagia dan percaya diri.

Selain contoh di atas, ternyata terdapat beberapa game yang berfungsi untuk asah otak, seperti tetris dan minesweeper. Kedua jenis game tadi terbukti mampu mencegah penyakit pikun serta meningkatkan kemampuan berlogika dan memecahkan masalah. Karena tingkat kesusahnnya yang tidak terlalu tinggi, Anda tidak akan merasa terbebani atau stres saat memainkannya.

Meskipun game komputer terbukti bermanfaat, namun ingat, tetap batasi penggunaan alat-alat elektronik karena dapat berakibat buruk bagi mata. Luangkanlah beberapa hari dalam seminggu untuk memainkan permainan catur dan menyusun puzzle agar otak tetap terpacu tapi tidak menyebabkan kelelahan mata berlebih karena paparan radiasi layar komputer.

Untuk si kecil, Anda dapat mulai memperkenalkanya permainan menyusun Lego. Kenapa? Karena buah hati akan belajar tentang banyak hal seperti mengenal warna, ukuran, dan bentuk. Selain itu, lego juga baik untuk meningkatkan kemampuan motorik, kecerdasan berbahasa dan spasial, mempertajam logika dan pemecahan masalah, memacu kreativitas dan imajinasi, serta melatih kerja tim dan kepercayaan diri.

Jadi, mulai sekarang, jangan pandang seblah mata manfaat dari relaksasi diri dengan memainkan berbagai game. Selamat bermain!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

Tinggalkan Balasan