Fakta-Fakta Unik Mengenai Cold-Pressed Juice

Cold-Pressed Juice

Cold-pressed juice– banyak penjual yang mengklaim bahwa minuman ini lebih sehat dibandingkan jus lainnya karena dapat membersihkan tubuh. Benarkah demikian?

Go Dok- Jangan heran jika akhir-akhir ini Anda sering menemukan outlet yang menjual cold-pressed juice di gerai mall atau jajaran botol beling dengan label cold-pressed juice di supermarket. Apalagi jika Anda aktif di gym atau yoga, pasti lingkungan Anda sudah tidak asing lagi dengan minuman satu itu.

Banyak penjual yang mengklaim dagangan mereka lebih sehat dibandingkan jus lainnya karena dapat membersihkan tubuh. Harga yang dibanderol pun kadang tidak murah. Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, apa perbedaannya dengan jus biasa? Apakah benar lebih sehat dari jus biasa, ataukah hanya tren semata?

Berikut mengenai cold-pressed juice yang ditinjau dari beberapa sisi:

Kandungan Nutrisi

Kate Di Prima, perwakilan dari Dietitians Associations of Australia mengatakan pada The Huffington Post Australia, bahwa yang membedakan cold-pressed juice dengan jus lainnya terletak pada proses pembuatannya. Jus pada umumnya, biasanya dibuat dengan blender yang menggunakan mata pisau yang berputar. Putaran pisau tersebut menimbulkan panas yang dapat menghancurkan kandungan nutrisi di dalam makanan. Terlebih lagi, kandungan yang paling banyak ada di dalam jus seperti vitamin C, sangatlah sensitif terhadap panas dan cahaya.

Sementara itu, minuman ini diproses menggunakan alat yang hanya berfungsi menekan dan mengeluarkan jus. Sehingga, menurutnya, banyak yang menganggap jus yang diproses dengan cara biasanya memiliki lebih sedikit vitamin C dibanding cold-pressed juice.

Meskipun demikian, belum ditemukan adanya penelitian yang menunjukkan bahwa minuman ini memiliki tingkat vitamin C yang lebih banyak secara signifikan dibandingkan jus biasa.

Konsentrasi Jus

Cold-pressed juice dipercaya tidak diproses dengan bahan-bahan tambahan, seperti gula dan pengawet. Hal tersebut dikarenakan minuman ini diproses dari bahan seperti sayuran dan buah-buahan alami seutuhnya. Dalam hal ini, tentunya lebih alami dari kebanyakan minuman buah kemasan atau jus yang diolah bersama gula tambahan.

Kandungan Sayuran

Cold-pressed juice dikenal dengan campuran sayur-mayur di dalamnya. Ini jelas lebih menyehatkan dibandingkan jus dalam kemasan yang bisa Anda langsung beli di toko. Karena, kebanyakan jus buah siap minum yang dijual hanya mengandung sedikit manfaat dari sayur-sayuran, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Jika Anda membutuhkan kandungan sayur-sayuran, minuman ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik.

Tren cold-pressed juice kini bahkan menjadi salah satu pilihan orang-orang untuk menjalani pola hidup sehat dengan menjadikannya sebagai cara detoks. Mengenai hal ini, Di Prima mengatakan lebih lanjut bahwa jika ingin membersihkan tubuh, adalah dengan berhenti mengonsumsi kopi, coklat, dan alkohol, lalu mulai mengonsumsi makanan yang bersih dan minum air yang banyak.

Menurutnya, hal tersebut lebih ampuh dibandingkan meminum jus pembersih karena buah yang digunakan dalam jus tidak benar-benar bebas kalori sepenuhnya. Selain itu, kandungan gula di dalamnya juga masih perlu diperhatikan.

Ingin hidup sehat tapi tidak ingin mengeluarkan uang lebih untuk cold-pressed juice? Mungkin Anda bisa mulai dari buah-buahan utuh dan segar yang diproses secara alami. Yuk!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

NA/PJ/MA

Referensi