Si Kecil Manja? Yuk, Latih Kemandiriannya!

GoDok – Memiliki buah hati yang mandiri dan tidak manja sudah tentu menjadi impian Anda sebagai orang tua. Banyak hal-hal kecil yang bisa menjadi indikator kemandirian buah hati, seperti mulai sadar untuk merapikan tempat tidur, mandi, hingga makan sendiri tanpa bantuan orang lain. Tapi, jika anak masih berperilaku manja, apa yang bisa Anda lakukan untuk membentuk kemandiriannya sejak dini?

Sebenarnya, wajar bila anak belum mampu mandiri. Ini dikarenakan ia masih mendapatkan bantuan orang dewasa di sekitarnya untuk melakukan berbagai hal. Meskipun Anda seringkali merasa ketakutan untuk membiarkan si kecil melakukan sesuatu sendiri, ada baiknya kebiasaan ini jangan dibiarkan berlarut-larut. Kenapa? Karena si kecil merasa bahwa akan selalu ada orang dewasa yang membantunya sehingga ia terbiasa berlaku pasif dan manja.

Lalu bagaimana cara melatih anak agar mandiri? Mulailah dengan memberikan tugas kecil, seperti terbiasa menyimpan piring di dapur setiap habis makan, membereskan mainan di kamar, atau menyiapkan peralatan sekolah sendiri. Meskipun kegiatan terlihat sepele dan mudah di mata Anda, tapi membiasakan si kecil agar patuh dan rutin melakukannya akan memberikan dampak besar bagi tumbuh kembang emosi serta kemandiriannya. Ia akan belajar bahwa ia memiliki kewajiban sendiri yang tidak seharusnya dilakukan oleh orang lain.

Catatan bagi Anda yang memiliki asisten rumah tangga agar tetap memberikan tugas ringan untuk dikerjakan buah hati. Ini ditujukan untuk memupuk rasa hormat si kecil kepada setiap orang, tidak terkecuali asisten rumah tangga. Ia akan lebih menghargai hasil kerja orang lain karena sadar betapa susahnya melakukan pekerjaan tertentu sendiri. Jangan lupa untuk memberikan reward kecil seperti ciuman di pipi atau pelukan setiap kali si kecil melakukan sesuatu dengan benar.

Memang diperlukan tingkat kesabaran yang tinggi untuk membentuk kepribadian positif si kecil. Tapi, semua usaha dan kerja keras Anda akan terbayar ketika melihat anak mulai berperilaku mandiri dan dapat beraktivitas tanpa bergantung pada orang lain. Jadi, selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan