Enggan Makan Petai? Kenali Dulu Manfaatnya

GoDok – Siapa yang tidak tahu buah petai? Meskipun terkenal karena baunya yang menyengat, tidak sedikit orang yang menyenangi masakan berbahan dasar buah yang satu ini. Ternyata, selain dikenal sebagai pembangkit selera makan, buah petai juga mengandung nutrisi dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tidak percaya? Simak penjelasan berikut ini:

1. Kandungan trytophan pada petai terbukti dapat merelaksasi tubuh. Selain itu, trytophan juga dikenal sebagai senyawa yang dapat memperbaiki mood serta menghilangkan depresi.

2. Kandungan zat besi yang tinggi pada petai dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan anemia karena dapat menstimulasi produksi sel darah merah. Selain itu, petai juga dikenal sebagai pengendali kadar gula dalam darah alami sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Kandungan zat besi, kalium, fosfor, Vitamin A, C, B6, sukrosa, fruktosa, dan glukosa dalam petai menjadikan buah ini sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh. Dengan konsumsi buah petai porsi normal, tubuh setidaknya mendapatkan pasokan energi yang cukup untuk beraktivitas berat selama 90 menit.

4. Tekstur buah petai yang lembut dan halus ternyata mampu mencegah timbulnya iritasi pada sistem pencernaan sekaligus menetralkan asam lambung.

5. Bagi perokok aktif, konsumsi rutin buah petai ternyata dapat mengurangi kebiasaan merokok karena kandungan kalium, magnesium, Vitamin B6, dan B12 yang ada di dalamnya mampu meminimalisir efek ketergantungan yang dihasilkan oleh nikotin pada otak.

6. Menurut riset “The New England Journal of Medicine”, kandungan kalium yang tinggi pada petai terbukti dapat menurunkan risiko kematian. Selain itu, senyawa tadi juga dapat meningkatkan fungsi kognitif otak. Hasilnya, Anda akan lebih kompeten dalam memecahkan permasalahan rumit.

7. Ingin terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang sistem imun? Rutinlah mengonsumsi petai karena kandungan antioksidannya yang tinggi dapat menangkal efek buruk radikal bebas.

8. Kandungan vitamin A yang tinggi pada buah berbau menyengat ini – berkisar antara 290-300 IU- menjadian petai sebagai salah satu alternatif bahan pangan untuk menghindari kerusakan serta gangguan pada mata.

Jadi, masih enggan makan petai?

Baca artikel mengenai segudang manfaat buah apel, klik di sini.

Tinggalkan Balasan