Enggan Makan Alpukat? Kenali Manfaat Alpukat bagi Kesehatan

Manfaat alpukat bagi kesehatan
Lemak yang terkandung di dalam alpukat termasuk dalam jenis asam lemak tidak jenuh tunggal yang justru bermanfaat untuk mengoptimalkan pembakaran lemak dalam tubuh

GoDokManfaat Alpukat bagi Kesehatan – Siapa yang tidak mengenal alpukat? Buah hijau yang satu ini memang populer sekali di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Selain disajikan sebagai jus, alpukat juga umum digunakan sebagai bahan pelengkap beberapa makanan, seperti sandwich, kue, hingga es krim. Eits, tahukah Anda, apa saja manfaat alpukat bagi kesehatan? Ini dia poin lengkapnya:

1. Mengoptimalkan diet

Manfaat alpukat bagi kesehatan yang pertama adalah mengoptimalkan diet. Mengejutkan, bukan? Karena, masyarakat umumnya menganggap bahwa alpukat justru tidak baik dikonsumsi saat diet karena buah ini kaya akan lemak. Padahal, lemak yang terkandung di dalam alpukat termasuk dalam jenis asam lemak tidak jenuh tunggal yang justru berkhasiat untuk mengoptimalkan pembakaran lemak dalam tubuh.

2. Meminimalisir risiko stroke

Selanjutnya, manfaat alpukat bagi kesehatan dapat meminimalisir risiko stroke. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa dalam satu buah alpukat, terkandung banyak asam folat dan asam oleat yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menekan jumlah kolesterol jahat.

3. Menangkal akibat buruk senyawa radikal bebas

Karena kaya akan senyawa antioksidan, buah alpukat sering disarankan untuk dikonsumsi demi meminimalisir dampak buruk dari paparan radikal bebas. Selain itu, seyawa fitokimia dalam alupkat juga terbukti ampuh untuk mencegah perkembangan sel kanker. Hebat, bukan?

(Baca: Stroke dan 6 Langkah Pertama untuk Selamatkan Nyawa)

4. Menyeimbangkan tekanan darah

Layaknya buah pisang, kalium dalam alpukat juga menjadikan buah ini baik dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah dengan tekanan darah. Kenapa? Karena salah satu fungsi kalium bagi tubuh adalah menurunkan tekanan darah sekaligus menjaga keseimbangannya.

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat alpukat bagi kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan serta kecantikan kulit wajah dan tubuh. Ya, kandungan beberapa senyawa dalam alpukat -seperti karotenoid, vitamin C, dan vitamin E- terbukti dapat merangsang pembentukan kolagen. Hasilnya, kulit akan terasa lebih kencang dan halus.

6. Menjaga fungsi dan kerja mata

Selain baik bagi kulit, senyawa karotenoid dalam alpukat juga berkhasiat untuk menjaga fungsi serta kerja mata. Lengkapnya, senyawa ini bekerja dengan cara mencegah terjadinya degenerasi makula dan katarak yang dipicu oleh menuanya usia.

(Baca: Cegah Kerusakan Mata dengan Konsumsi Makanan Ini)

7. Mengobati peradangan pada sendi

Anda atau kelaurga menderita peradangan pada sendi? Maka, konsumsi rutin alpukat bisa jadi solusi yang selama ini dicari-cari. Lho, kok bisa? Alasannya tidak lain karena kandungan senyawa anti-inflamasi dalam alpukat dipercaya ampuh untuk mengobati rematik dan ostheoarthritis.

Selain itu, kandungan karotenoid dan pitosterol dalam alpukat juga menjadikan buah ini baik dikonsumsi demi mencegah penyakit arthritis. Mengagumkan!

8. Mencegah cacat pada janin

Ingin janin yang dikandung lahir denagn sempurna tanpa cacat apapun? Maka, mulailah rutin mengonsumsi alpukat. Mengapa? Karena kombinasi asam folat dan vitamin B dalam alpukat dijamin ampuh untuk meminimalisir risiko cacat pada janin.

9. Menjaga fungsi kognitif

Manfaat alpukat bagi kesehatan yang terakhir adalah untuk menjaga fungsi kognitif. Hal ini sejalan dengan kesimpulan Steven Pratt, MD., -seorang ahli gizi- yang mengungkapkan bahwa alpukat baik dikonsumsi untuk menjaga fungsi otak sekaligus mencegah timbulnya penyakit alzheimer.

(Baca: 7 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan)

Itu tadi 9 manfaat alpukat bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!