Enggan Bersepeda? Kenali Dulu Manfaatnya!

www.go-dok.com

Bagi Anda yang bekerja di ibukota, bergelut dengan kemacetan di jam-jam berangkat dan pulang kantor merupakan hal yang lumrah. Karenanya, banyak orang yang kemudian memilih untuk mengendarai sepeda motor sebagai solusi menghindari macet.  Benarkah langkah tersebut? Tidak! Karena baik motor maupun mobil tetap menghasilkan polusi udara.

Berangkat dari isu lingkungan inilah, muncul beberapa kelompok bike to work alias mereka yang memilih untuk bersepeda ke kampus atau tempat kerja. Tertarik untuk mencoba? Agar lebih yakin, berikut beberapa manfaat bersepeda yang harus Anda ketahui:

1. Menjaga kesehatan jantung

Ya! Bersepeda memang sangat erat kaitannya dengan kesehatan pembuluh jantung karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Sebuah studi di Purdue University, Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa seseorang yang bersepeda setidaknya 32 kilometer setiap minggunya memiliki risiko terkena penyakit jantung yang rendah. Hebat, bukan?

2. Membuat hidup lebih bahagia

Anda menderita insomnia? Jika ya, maka bersepeda bisa jadi solusi yang harus segera dicoba. Untuk langkah awal, cobalah bersepeda 20-30 menit setiap harinya karena menurut studi dari Stanford University, bersepeda terbukti dapat membuat tubuh Anda lebih rileks di malam hari. Hasilnya, Anda pun akan lebih mudah terlelap.

Selain itu, dengan bersepeda di pagi hari, Anda akan lebih banyak terpapar sinar matahari yang bermanfaat untuk merangsang produksi hormon serotonin. Tahukah Anda, bahwa hormon serotonin berfungsi untuk mengontrol mood? Jadi, dengan bersepeda, Anda secara tidak langsung telah membangun mood positif dalam diri.

3. Meningkatkan kualitas family time

Dengan bersepeda ke kantor, Anda telah membiasakan diri untuk berolahraga setiap hari. Nah, hal inilah yang membuat Anda tidak perlu berolahraga lagi di akhir pekan. Jadi, waktu yang ada bisa digunakan  untuk berkumpul bersama keluarga atau sanak saudara.

4. Mengurangi pengeluaran

Coba hitung! Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk mengisi bahan bakar kendaraan? Tentunya tidak sedikit, sebab kini harga BBM non-subsidi ikut melambung tinggi seiring naiknya harga minyak dunia. Dengan bersepeda, Anda tidak perlu membeli bahan bakar setiap hari. Alhasil, uang pendapatan pun dapat Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok yang lain. Tertarik?

5. Ramah lingkungan

Terakhir, alasan mengapa Anda harus mulai rajin ‘menggowes’ adalah untuk menjaga kelestarian lingkungan. Meskipun terlihat sepele, namun langkah ini terbukti dapat mengurangi tingkat polusi. Pada tahun 2009 lalu saja, Badan Pengendalian Lingkungan Daerah DKI Jakarta melaporkan bahwa  kegiatan Car Free Day di akhir pekan berhasil mengurangi polusi udara sekitar 75%.

 Itu tadi beberapa manfaat bersepeda yang terbukti bukan hanya baik bagi Anda pribadi, tapi juga untuk lingkungan sekitar. Selamat bersepeda!

Comments are closed.