Efek Extension Bulu Mata yang Harus Diwapadai Sejak Dini

efek extension bulu mata

Go Dok- Efek extension bulu mata- Wanita mana yang tidak ingin memiliki wajah cantik tanpa harus terlebih dahulu memasang make-up? Kini, dengan semakin berkembangnya teknologi di dunia kecantikan, mulai bertebaran beragam prosedur untuk meningkatkan ‘kecantikan alami’ Anda; salah satunya adalah dengan sambung bulu mata (extension). Eits, jangan salah! Meskipun menawarkan hasil yang menggiurkan, namun bukan berarti langkah ini tidak memiliki risiko, lho!

Berikut 4 efek extension bulu mata yang harus Anda waspadai:

 1. Risiko cedera mata

Efek extension bulu mata pertama yang harus Anda waspadai adalah risiko cedera mata. Ya, cedera mata dapat terjadi karena beberapa faktor, sebut saja penggunaan lem yang digunakan untuk merekatkan bulu mata palsu; atau substansi lain yang terkandung dalam bulu mata palsu yang mungkin saja mengundang perkembang biakan bakteri dan virus pemicu gangguan mata.

Banyak kasus menunjukkan bahwa keputusan untuk mencoba extension bulu mata yang diambil secara sembrono meningkatkan risiko Anda terkena konjungtivitis. Bahkan, beberapa kejadian mengungkapkan bahwa extension bulu mata yang tidak sempurna dapat membuat patahan bulu mata masuk ke dalam mata dan memicu cedera. Mengerikan, bukan?

2. Iritasi dan alergi

Selanjutnya, Anda juga harus mewaspadai risiko terjadinya iritasi dan alergi ketika dan pasca melakukan extension bulu mata. Lho, kok bisa? Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa dalam sebagian perekat yang digunakan dalam proses extension bulu mata terkandung senyawa formaldehida. Jika sampai mengenai kulit yang sensitif, bahan kimia ini dapat memicu beberapa keluhan medis, seperti ruam kemerahan pada kelopak mata, mata kemerahan, bahkan timbulnya benjolan (layaknya terisi air) di seluruh permukaan wajah.

Tidak ingin  mengalami hal tersebut, bukan? Karenanya, Anda disarankan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu. Selain itu, selalu tanyakan pada praktisi extension mengenai kandungan yang ada dalam perekat bulu mata yang digunakan. Meskipun terkesan  merepotkan, namun cara tadi setidaknya dapat menghindarkan Anda dari kemungkinan buruk yang dapat terjadi di kemudian hari.

3. Rontok bulu mata

Efek extension bulu mata yang selanjutnya adalah rontok bulu mata asli. Biasanya, hal ini terjadi ketika bulu mata asli mengalami ketegangan akibat menahan beban berat yang berasal dari extension bulu mata palsu. Selain itu, kerontokan juga dapat terjadi karena Anda sering mengucek-ngucek mata akibat tidak nyaman dengan bulu mata palsu yang dipasang.

Waspada! Jika tidak segera ditangani, 2 faktor tadi dapat memicu kerontokan bulu mata permanen atau yang di dunia medis dikenal dengan istilah traction alopecia. Karenanya, selalu konsultasikan keputusan Anda untuk menyambung bulu mata dengan dokter terlebih dahulu.

4. Kemungkinan buta

Efek extension bulu mata yang terakhir adalah risiko kebutaan. Meskipun sangat jarang terjadi, namun bukan berarti Anda dapat menghiraukan kemungkinan buruk ini. Kebutaan bisa saja terjadi jika Anda kurang selektif dalam memilih salon atau praktisi extension bulu mata. Mengapa? Sebab, hal tersebutlah yang akhirnya mengarah pada ketidaktahuan Anda akan jenis perekat yang digunakan, jenis bulu mata yang ditempelkan, serta keahlian & kehigienisan praktisi ketika melakukan prosedur sambung bulu mata ini.

Jika sampai terakumulasi, faktor-faktor di atas dapat meningkatkan risiko cedera mata yang bisa berakhir pada kebutaan. Hiii, mengerikan!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.